POPULAR STORIES

Mobil Ditinggal Selama Mudik Lebaran? Begini Tipsnya

Mobil Ditinggal Selama Mudik Lebaran? Begini Tipsnya Mobil terparkir ditinggal mudik harus memperhatikan beberapa hal (Foto Ilustrasi : KabarOto)

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto hendak mudik, dan mobil ditinggal di rumah. Maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih supaya mobil tetap aman.

Interior Bersih

Pastikan interior dalam kondisi bersih, jangan sampai ada sisa sampah atau sisa makanan, sebab jika ditinggalkan dalam waktu lama maka sisa kotoran itu bisa membusuk, sehingga membuat kabin jadi bau dan tidak sehat.

Rem Parkir

Perhatikan rem parkir, jika mobil kalian bertransmisi otomatis lebih baik dibiarkan dalam kondisi P saja. Jangan menarik rem parkir, sebab kampas rem bisa lengket jika dibiarkan terus menerus.

Baca Juga : Mobil Tidak Dipakai Lama Harus Ganti Oli? Begini Jawabannya

"Sebisa mungkin apa lagi ditinggal lama, hand brake bisa dilepas saja supaya saat pemilik pulang remnya tidak macet," ujar Alan Budi Nurhady selaku Kepala Bengkel Daihatsu Karawaci.

Untuk mobil yang transmisinya manual, bisa dibantu ganjal menggunakan batu atau kayu agar mobil tidak maju jika kondisi parkir sedikit menurun.

Baca Juga : Mesin Ngelitik Bisa Karena Isi BBM Oktan Terlalu Rendah Tuh Sob!

Pastikan Tekanan Ban Sesuai Anjuran

Tekanan ban pastikan sesuai anjuran, sebab jika tekanan anginnya kurang, dan mobil dibiarkan diam dalam waktu lama maka bisa merusak struktur ban mobil.

Gunakan Penutup Mobil

Saat mobil ditinggalkan usahakan parkir di tempat tertutup, lalu gunakan penutup mobil sehingga tidak terkena debu. Kalau harus parkir di tempat terbuka, usahakan menggunakan penutup mobil yang bahannya aman untuk cat, dan ganjal wiper agar karet tidak kontak langsung ke kaca, tidak perlu diangkat secara penuh karena bisa mengurangi fungsi per wiper.