Ciri-ciri Ban Mobil Perlu Spooring Balancing

Ciri-ciri Ban Mobil Perlu Spooring Balancing Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan spooring balancing. (Foto: Istimewa)

Beberapa gejala dirasakan oleh pengemudi saat mobil perlu atau tidak dilakukan spooring balancing. Satu hal yang paling mudah dirasakan adalah setir mobil yang terasa bergetar saat bro and sis sedang mengemudi.

Hal ini dikarenakan roda depan langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi. Sehingga tingkat keausan roda depan dan masalah yang ada lebih cepat dirasakan dibandingkan roda belakang.

Berikutnya, asap mobil memberikan informasi kapan spooring dan balancing dibutuhkan oleh mobil anda. Untuk mengetahui mobil perlu di spooring atau balancing yang pertama adalah saat di jalanan lurus dan mendatar coba lepas setir kemudi mobil. Jika mobil perlahan berbelok ke arah tertentu, maka itulah salah satu gejalanya mobil butuh di spooring balancing.

Selanjutnya, mobil yang membutuhkan spooring balancing dapat terlihat dari keausan ban mobil yang kurang seimbang dan kurang wajar. Hal ini dapat dilihat dari tapak atau bulu ban yang mulai menipis dan didominasi pada sebagian tempat saja.

Ciri lainnya adalah saat bro and sis merasakan setir kemudi terasa lebih berat dari biasanya. Atau bisa juga ketika anda membelokkan kemudi, dan setir kemudi tidak mau kembali lurus ke posisi semula saat kemudi dilepaskan.

Baca Juga: