POPULAR STORIES

Coilover FTuned Racing Suspension Tingkatkan Performa Handling Mobil

Coilover FTuned Racing Suspension Tingkatkan Performa Handling Mobil Dok : @fujinz / FTuned Racing Suspension

KabarOto.com – Meningkatkan performa suspensi mobil bisa dengan beberapa cara, salah satu yang populer dilakukan bahkan di dunia balap adalah mengganti suspensi menggunakan coilover.

Di pasaran ada beragam merek coilover dengan bermacam-macam spesifikasi. Salah satu yang menarik perhatian adalah coilover asal Malaysia, FTuned Racing Suspension.

Baca juga: Sokbreker Mobil Bocor Jangan Diservis, Langsung Ganti Sob

Uniknya FTuned Racing Suspension adalah coilover ini dibuat berdasarkan pesanan. “FTuned itu kustom, bahkan di Malaysia sendiri mereka tidak ada stok. Kecuali tipe S Series, biasanya buat stok namun memang tidak banyak,” jelas Hardyanto Halim selaku punggawa bengkel Top Setup distributor FTuned Racing Suspension.

Ada tiga seri utama untuk coilover yakni S Series, GT Series, dan Race Comp. “Untuk GT Series itu dibuat sesuai pesanan, dan terbagi jadi 3 tipe. Pertama itu Road Comfort sengaja didesain untuk kenyamanan, Road Touge itu semi trek jadi cukup nyaman di jalan raya namun sedikit keras, serta Road Track diperuntukkan bagi mobil yang suka turun sirkuit tapi bukan kompetisi,” paparnya.

Lalu GT Series ini punya kelebihan Mono Tube Inverted sama seperti suspensi yang lebih mahal, di mana bisa dilihat ukuran as lebih besar. Kelebihannya ialah mampu meredam guncangan lebih baik, lebih awet, dan juga memberi pengemudian lebih baik.

Ukuran as lebih besar karena Mono Tube Inverted.

Baca juga: Persiapkan Mesin Mobil Sebelum Mudik, Perhatikan Bagian Ini

Setelah itu, kasta tertinggi ialah Race Comp yang banyak juga dipakai kompetisi sekelas ISSOM. “Kalau yang dipakai mobil-mobil ISSOM itu biasanya one way karena regulasi. Namun ada juga versi 3 way di mana kita bisa mengatur damping, rebound, dan compression,” ujar pria ramah itu.

Soal harga, versi S Series dibanderol sekitar Rp 13,5 – 14 jutaan. Lalu naik satu tingkat GT Series mulai dari Rp 18,5 jutaan, dan Race Comp itu Rp 40 jutaan keatas. Aftersales-nya pun baik, sebab mereka memberi garansi selama 2 tahun.

Waktu pemesanan estimasi sekitar satu bulan, namun baiknya untuk informasi lebih lanjut bisa langsung hubungi bengkel Top Setup melalui Instagram @fujinz atau Whatsapp 0812 1388 4849.