POPULAR STORIES

Persiapkan Mesin Mobil Sebelum Mudik, Perhatikan Bagian Ini

Persiapkan Mesin Mobil Sebelum Mudik, Perhatikan Bagian Ini Ilustrasi. (Deddy/KabarOto)

KabarOto.com – Dalam hitungan hari Lebaran akan tiba. diperkirakan jutaan orang akan mudik. Oleh karena itu, bagi pengguna kendaraan pribadi khususnya mobil, perlu perhatikan nih kondisi mesin mobil kalian sebelum melakukan perjalanan jauh.

“Perhatikan apakah ada rembesan oli atau tidak, lalu kebocoran air radiator juga sama pentingnya. Kalau air radiator mudah dilihat karena ada warnanya, entah itu hijau, biru merah dan sebagainya,” ujar Hardyanto Halim selaku punggawa bengkel Top Setup yang bermarkas di kawasan Maruya Utara, Jakarta Barat.

Bocorannya pun sebenarnya mudah dilihat, biasanya itu ada tetesan di lantai atau aspal ketika mobil diam. Sehingga dianjurkan dilihat dulu sebelum melakukan perjalanan.

Baca Juga : Sokbreker Mobil Bocor Jangan Diservis, Langsung Ganti Sob

Namun kalau mau lebih pasti dan aman tentu harus dibawa ke bengkel "Kalau bensin bisa carbon clean, bersihkan busi dan sebagainya, kalau diesel bisa bersihkan turbo, purging, EGR juga dibersihkan. Tujuannya agar mobil lebih enak dibawanya dan aman sampai tujuannya,” jelas pria ramah itu.

Begitu juga kalau mudik perjalanan jauh, kipas pendingin perlu dicek. “Fan atau kipas pendingin juga perlu dicek, karena perjalanan jauh mesin panas perlu pendinginan bagus. Kalau dicek sudah lemah, sebaiknya diganti saja,” paparnya.

Baca Juga : Kerikil Bisa Bikin Ban Rusak Hingga Kecelakaan, Begini Penjelasannya

Selain mesin, Hardyanto juga menjelaskan kalau wheel alignment itu penting saat perjalanan jauh. Kalau kaki-kaki selama tidak ada bunyi aneh, dicek semuanya aman, itu aman buat jalan.

"Yang terpenting wheel aligment-nya bagus, sangat penting karena kalau tidak bagus maka ban bakal habis sebelah di tengah perjalanan. Apalagi di tengah kondisi Hari Raya Lebaran, tidak banyak bengkel buka kan,” ujarnya sambil tertawa kecil.