Continental Akan Luncurkan Ban Canggih Berteknologi RFID

Continental Akan Luncurkan Ban Canggih Berteknologi RFID

KabarOto.com – Ban mobil ataupun motor zaman sekarang sudah semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Bukan hanya teknologi pembuatannya yang canggih sehingga membuat ban itu lebih awet, nyaman dan aman saat digunakan.

Namun Continental dikabarkan akan membuat model ban penumpang baru dengan teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Teknologi tersebut memungkinkan pengguna mendapat informasi soal keausan, masa pakai dan peringatan antisipasi penggantian ban.

Baca juga: RSV SV500 Helm Lokal Berkualitas Internasional

Chip tersebut memiliki berat kurang dari satu gram, dan terhubung langsung ke antena yang memancarkan frekuensi radio. Serta sensornya pun tak terlihat dari bagian luar, sebab dipasangkan di dalam ban. Satu-satunya penanda hanya ada logo RFID di sidewall ban.

Selain itu sensor bisa membaca tekanan ban, dan kondisi tapak untuk keselamatan pengendara. Ban produksi pertama kali yang disematkan teknologi RFID, digunakan sebagai ban standar bagi mobil Volvo dengan model EcoContact 6.

Baca juga: Continental C.A.R.E, Ban dengan Sensor Pintar

Sebenarnya teknologi ini sudah sempat digunakan pada ban performa tinggi misalnya saja Michelin pada ban MotoGP yang berguna untuk mengumpulkan data trek. Ataupun Pirelli di mana mereka memakainya di ban truk demi melacak kendaraan dan menyampaikan adanya bahaya di jalan.