POPULAR STORIES

Covid-19 Sebabkan Penjualan Mobil Astra Grup Terjun Bebas Sampai 91,9 Persen

Covid-19 Sebabkan Penjualan Mobil Astra Grup Terjun Bebas Sampai 91,9 Persen Foto: Kipli

KabarOto.com - Virus Corona atau Covid-19 yang menjadi pandemik sangat dirasakan PT Astra International Tbk. Hal itu bisa dilihat dari jumlah penjualan produk otomotif yang merosot tajam di sepanjang April 2020.

Lini bisnis tersebut, Astra Grup mengelola merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot. Berdasarkan data wholesale sales (penjualan dari pabrikan ke diler) di April tahun ini, penjualan Astra Grup turun 91,9 persen menjadi 3.807 unit dibandingkan April tahun lalu yang mencapai 47.491.

Perolehan Data tersebut mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Wholesales Toyota masih yang tertinggi di Astra Grup, yakni 2.093 unit. Padahal secara tahunan, penjualan Toyota mencapai 29.217 unit.

Baca Juga: Toyota Astra Motor Tarik Alphard Dan Vellfire Untuk Perbaikan

Kontributor kedua adalah Daihatsu dengan 1.330 unit. Disusul Isuzu dengan 335 unit, UD Trucks 27 unit, dan Peugeot 22 unit. Penurunan wholesale sales ini kemungkinan disebabkan maraknya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di awal April terutama di kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat. Wilayah ini merupakan pasar otomotif terbesar di Tanah Air bersama Jawa Timur.

Menilik segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC), penjualan Astra Grup juga merosot tajam. Dari 14.663 unit menjadi 939 unit per April tahun ini. Terjadi penurunan 93,5 persen secara tahunan. Sementara dari sisi pangsa pasar, wholesale sales Astra Grup mencatat 48 persen di April, segmen LCGC menguasai pangsa pasar 65 persen.