Curhatan Fast Doctor Driver Sirkuit Sentul Yang Tak Pernah Terekspos

Curhatan Fast Doctor Driver Sirkuit Sentul yang Tak Pernah Terekspos Fast Doctor di Sentul menggunakan Honda Civic Type R

KabarOto.com - Fast Doctor, mungkin nama ini jarang didengar oleh masyarakat umum. Namun di dunia balap mobil Fast Doctor memiliki peran yang sangat penting pada satu event balap, di seluruh dunia.

Fast Doctor adalah tim medis yang cepat datang ke lokasi jika ada pembalap mengalami insiden. Dengan mobil standar balapan, mereka harus sampai ke lokasi kecelakaan dalam waktu kurang dari 30 detik.

Ario Danu, salah satu Fast Doctor yang sudah bergabung dengan Sirkuit Sentul, Jawa Barat, menceritakan pengalamannya. "Pertama bergabung di Sentul International Circuit sejak tahun 2000-an awal," ceritanya kepada KabarOto.com.

Baca Juga: Berapa Lama Fast Doctor Tiba Di Lokasi Kecelakaan?

Saat itu, ia bergabung dengan Rally Tama Group selaku promotor kejuaraan rally tahun itu. "Kemudian saya diberi arahan oleh Chief Officer Clerc (COC) bagaimana mengemudikan Fast Doctor Car yang baik," cerita Danu.

Dalam waktu kurang dari 30 detik harus sampai ke lokasi kejadian

Dia pun mengikuti pendidikan bagaimana mengemudikan kendaraan Fast Doctor ini dengan cepat dengan karakter yang halus, sigap dan peka terhadap konsisi jalan. "Saya juga harus memahami kondisi pembalap pasca kecelakaan secara global, itu tugas sebagai driver Fast Doctor," ujar pria yang sudah 12 tahun menjadi driver fast doctor.

Lalu kendaraan apa saja yang sudah digunakan Danu selama belasan tahun menjadi driver fast doctor? Kendaraan pertama yang digunakan Proton Saga, Proton Neo 2 pintu, Suzuki Swift Sport sampai Porche Cayenne dan Lamborghini Diablo.

"Kalau saat ini support unit untuk kendaraan fast doctor dari Honda Prospect Motor yaitu Honda Civic Turbo," tambahnya. Dan untuk event tertentu dia menggunakan New Civic Type R.

Kecelakaan terparah dalam sejarah selama ia bertugas adalah di Kejuaraan ARRC road race beberapa tahun lalu, ada salah satu pembalap indonesia patah kaki. "Saat kejadian ada flying flag finish dan terjadi tabrakan hebat antara peserta indonesia dan asing di garis finis," tambahnya.

Kondisi keduanya parah dan langsung dibawa ke rumah sakit international menjalani operasi hari itu juga. Meski sudah belasan tahun menjadi fast doctor driver belum ada tawaran untuk ikut balap mobil di sirkuit.

"Belum pernah mendapatkan tawaran ikut balap mobil, padahal udah khatam di lintasan," curhatnya. Sejauh ini menurut dia selalu di bawah 30 detik untuk sampai TKP usai menerima perintah dari Circuit Management Officer (CMO).

Baca Juga: Sepeda Listrik Ambulans Jadi Kendaraan Darurat Medis

Perlengkapan yang ada di fast doctor car:
- Tabung oxygen mini
- P3K
- Alat penopang badan utk kondisi fraktur ( patah tulang)
- Penopang leher (neck HANS)
- Pemadam
- Alat komunikasi (2 arah)
- Perlengkapan medis standar FIA