POPULAR STORIES

Daftar Skutik Honda Pakai Rangka ESAF, Viral Karena Karatan Dan Ada Yang Sampai Patah

Daftar Skutik Honda Pakai Rangka eSAF, Viral Karena Karatan dan Ada yang Sampai Patah Honda Vario 160 (Foto: Kabaroto/AHM)

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) tengah mendapatkan masalah dengan banyaknya video yang beredar memperlihatkan skutiknya mengalami sasis patah dan karatan.

Penyebabnya diduga penggunaan rangkan Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang merupakan terobosan baru Honda yang diklaim memiliki banyak kelebihan terkait efisiensi konsumsi bahan bakar dan performa.

AHM sendiri memperkenalkan rangka eSAF pada tahun 2019 yang digunakan pertama kali pada Honda Genio. Kemudian pada skutik-skutik Honda lainnya.

Baca Juga: Galeri Honda EM1 E: Yang Meluncur Di GIIAS 2023 ICE BSD City Tangerang

Honda Genio yang pertama menggunakan rangka eSAF

Rangka eSAF ini diklaim AHM memiliki kelebihan, diantaranya:

1. Lebih Ringan

Pembuatan rangka ini bukan lagi menggunakan pipa tetapi pelat baja yang ditekuk dan dipres, kemudian di las laser sehingga ada lipatan atau tulang di sisi-sisinya. Sebanyak 34 komponen dihilangkan dalam penggabungan ini, sehingga rangka tampak lebih simpel.

Secara bentuk, rangka hanya terdiri dari rangka utama (underbone) dan tambahan dua tulang bagian belakang (sub frame). Karenanya, bobot rangka jadi lebih ringan 8 persen dibanding rangka skutik Honda sebelumnya.

2. Lebih Kuat dan Minim Deformasi

Meskipun lebih ringan, eSAF diklaim memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan rangka sebelumnya, karena menggunakan bahan steel atau baja.

Baca Juga: 1.251 Unit Laris Di GIIAS 2023, PCX160 Jadi Tulang Punggung Astra Honda Motor

Honda BeAT

3. Meningkatkan Kapasitas Tangki dan Bagasi

Rangka eSAF mampu memberikan pemanfaatan ruang yang semakin efisien, dalam hal ini adalah luas bagasi dan tangki bahan bakar. Penggunaan rangka ini juga memungkinkan Genio dimasukkan mesin eSP generasi terbaru, 110 cc SOHC PGMFI. Mesin ini mampu merilis tenaga 6,6 kW pada 7.500 rpm dan torsi puncak di 9,3 Nm pada 5.500 rpm, serta kecepatan maksimum 94 kpj.

4. Efisiensi Bahan Bakar

Bobot kendaraan berbanding lurus dengan konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, penggunaan rangka eSAF mampu membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien. Maka dari itu, rangka eSAF kini juga diterapkan pada motor Honda lainnya seperti Honda Beat pada tahun 2020, Scoopy ada akhir 2020 dan Vario 160 di 2022.

Berikut adalah skutik Honda yang menggunakan rangka eSAF:

  • Honda Genio 2019 - sekarang

  • Honda Beat 2020 - sekarang

  • Honda Beat Street 2020 - sekarang

  • Honda Scoopy 2020 - sekarang

  • Honda Vario 160 2022 - sekarang