POPULAR STORIES

Daihatsu Berbagi Tips Antisipasi Hydroplanning Saat Berkendara

Daihatsu Berbagi Tips Antisipasi Hydroplanning Saat Berkendara Daihatsu kembali menggelar sharing edukasi kendaraan bagi Sahabat klub Daihatsu melalui Daihatsu Club Auto Clinic 2018 (Foto: ADM)

KabarOto.com - Daihatsu kembali menggelar sharing edukasi kendaraan melalui Daihatsu Club Auto Clinic 2018, dengan tema Defensive Driving for Daihatsu Club.

Digelar pada 25 Agustus 2018 lalu, kali ini Daihatsu memberikan edukasi mengenai Antisipasi Hydroplanning Saat Berkendara.

Program yang telah menginjak tahun kedua dan didukung GT Radial ini diikuti oleh Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Taruna Owners (TO), dan Charade Classy Winner (C2W) Community di Karawang.

“Hydroplanning terjadi pada saat berkendara di jalanan basah, yang menyebabkan ban mengambang (tidak menyentuh jalan) ketika melewati genangan air, yang paling terburuk dapat mengakibatkan kendaraan kehilangan kendali,” jelas Budi Mahendra selaku Executive Coordinator CSVC Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca Juga: Toyota Corona Absolute ST 191 1997 Tampang Kalem Ini Pakai Mesin Mobil Reli

Daihatsu Club Auto Clinic kali ini, akan dibagi menjadi 2 sesi yaitu in-class sharing dan practice. Dalam sesi ini peserta diberikan materi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan pada ban, sehingga berkendara menjadi aman dan nyaman. Berikut penjelasannya:

1. Kecepatan: Ketika hujan, sebaiknya kecepatan maksimal kendaraan 70 km/jam, dan perhatikan kecepatan kendaraan di sekitar, hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya selip pada kondisi jalan basah.

2. Kondisi ban: Pada musim hujan, ban yang prima adalah hal yang sangat penting. Sehingga sebelum berkendara, sebaiknya memeriksa kembangan atau tapak ban dalam keadaan baik. Saat membeli ban, pilihlah yang direkomendasikan untuk permukaan kering dan basah.

3. Tekanan angin: Sebelum berkendara, sebaiknya memeriksa tekanan angin pada ban, apakah sudah sesuai dengan standar tekanan angin yang ditetapkan (sesuai dengan spesifikasi standar masing-masing kendaraan). Ini bisa dicek pada stiker yang biasanya tertempel di pilar B bagian bawah.

“Saya ikut acara hari ini tadinya hanya ingin gathering bersama klub AXIC, tapi ternyata saya dapat banyak ilmu baru tentang keamanan berkendara, enggak rugi jauh-jauh ke Karawang,” ujar Juniadhi Caniago, pengguna Daihatsu Xenia Sporty 2013.