POPULAR STORIES

Daihatsu Edukasi Bahaya Blind Spot Ke Komunitas

Daihatsu Edukasi Bahaya Blind Spot ke Komunitas Blind Spot (istimewa)

KabarOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali menggelar program Daihatsu Club Auto Clinic 2018 bertajuk 'Defensive Driving for Daihatsu Club' yang kali ini sudah memasuki batch terakhir.

Kegiatan ini berlangsung di GT Tires Proving Ground, Karawang, Jawa Barat, program yang telah menginjak tahun kedua ini diadakan dalam tujuh batch dan didukung penuh oleh GT Radial. Tercatat, Daihatsu telah memberikan sharing kepada ke-280 peserta yang berasal dari berbagai klub mobil Daihatsu pada acara Daihatsu Club Auto Clinic 2018.

Rangkaian penutup Daihatsu Auto Clinic tahun ini diikuti oleh 4 klub mobil Daihatsu terdiri dari DTC (Daihatsu Taruna Club), SIC (Sirion Indonesia Club), TO (Taruna Owners) dan CAI (Club Ayla Indonesia) dengan jumlah total 70 peserta.

Baca juga: Wah... Harga Mobil Daihatsu Bakal Naik Lagi

Selama jalannya acara, peserta diberikan materi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam hal pandangan aman ketika berkendara, karena hal ini menjadi hal yang sangat penting ketika berkendara di jalan raya. Seringnya terjadi kecelakaan di jalan raya, dikarenakan pandangan kurang aman pada sisi kanan dan kiri kendaraan, ketika mendahului atau mengambil jalur lain di jalan raya.

Hal ini disebabkan oleh ‘Blind Spot’, yakni daerah di luar jangkauan pengemudi yang tidak terlihat dari kaca spion kanan dan kiri, sehingga sangat berbahaya, khususnya ketika berkendara di daerah ramai atau jalur bebas hambatan.

Sebagai upaya untuk mengurangi risiko Blind Spot dapat dilakukan dengan beragam cara seperti berikut:

  1. Posisikan kaca spion kendaraan semaksimal mungkin sejajar dengan bodi kendaraan, dan fokuskan ke luar dari kendaraan.
  2. Menggunakan spion standar pabrikan, karena sudah didesain khusus dan teruji.
  3. Ketika akan mendahului kendaraan lain, gunakan lampu sein, perhatikan spion dan wajib untuk memastikan sisi tersebut aman (karena ada Blind Spot).

Baca juga: Angka Ekspor Terus Meningkat, Daihatsu Raih Penghargaan Pemerintah RI

“Blind Spot merupakan penyebab dominan kecelakaan fatal di Indonesia, hal ini terjadi dikarenakan pengendara tidak dapat melihat dengan jelas kendaraan lain pada beberapa sisi kendaraan, dibutuhkan perhatian dan focus yang lebih untuk menghindari keadaan ini,” ujar Budi Mahendra, Executive Coordinator CSVC Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).