POPULAR STORIES

Wah... Harga Mobil Daihatsu Bakal Naik Lagi

Wah... Harga Mobil Daihatsu Bakal Naik Lagi Booth Daihatsu (KO)

KabarOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berencana untuk menaikkan harga jual kendaraannya, menyusul nilai tukar Rupiah yang terus terdepresiasi terhadap dollar Amerika Serikat.

Pada periode Januari hingga 31 Oktober 2018, nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS sempat Rp 13.500 per dolar AS, tetapi kini menjadi Rp 15.100-Rp 15.200 per dolar AS.

Baca Juga: Mohan Hazian: Suka Yang Standarnya Sudah Unik

Kondisi pelemahan rupiah ini berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap biaya produksi, karena sebagian material produksi masih impor yang pembeliannya menggunakan kurs dollar AS.

Melihat kondisi rupiah yang sulit untuk kembali ke posisi awal, Daihatsu akan menyesuaikan harga jual kendaraannya, sehingga kenaikan harga mobil Daihatsu akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

Daihatsu dalam sebuah pameran

"Inilah saat yang tepat bagi masyarakat Indonesia untuk membeli mobil Daihatsu dengan harga yang lebih menguntungkan. Karena harga mobil Daihatsu akan segera naik," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangannya.

Namun, kapan waktunya masih belum bisa dipastikan, hanya disebut dalam waktu dekat. Amelia juga belum mau mengungkapkan berapa angka pasti maupun kisaran kenaikan harga, yang akan dikenakan pada semua produknya.

Bila penyesuaian harga ini resmi dilakukan, produk-produk Daihatsu setidaknya sudah mengalami dua kali kenaikan, dimana sebelumnya terjadi pada Oktober 2018. Namun saat itu kenaikan harga yang dialami produk Daihatsu lebih disebabkan pengaplikasian Euro4.

Baca Juga: Lagi Mau Upgrade Audio Mobil BMW? Intip Speaker Buatan Ground Zero Ini

Untuk menyesuaikan dengan standar emisi baru, Daihatsu perlu melakukan upgrade spesifikasi produk. Seperti penambahan komponen agar kadar emisinya sesuai. Dampaknya, mobil Daihatsu mengalami kenaikan harga dari Rp 1 juta sampai Rp 2 juta, tergantung dari modelnya.