POPULAR STORIES

Daihatsu Gran Max Terbakar Di SPBU Pertamina Jakarta Timur, Polisi Cari Pengemudi

Daihatsu Gran Max Terbakar di SPBU Pertamina Jakarta Timur, Polisi Cari Pengemudi Daihatsu Gran Max yang terbakar di SPBU Pertamina, Cipayung, Jakarta Timur.

KabarOto.com - Akhir pekan lalu, sebuah SPBU 3413805 di Jl. Pagelarang, Cipayung, Jakarta Timur, sebuah mobil Daihatsu Gran Max terbakar saat mengisi bahan bakar. Usai kebakaran, ditemukan sejumlah drum dan peralatan pompa di dalam mobil yang ditinggal pengemudinya itu.

Saat ini aparat Kepolisian tengah mencari pengemudi mobil, untuk mengetahui isi muatan di dalam 5 drum tersebut. Diduga kuat, drum memuat bahan yang dapat memicu api.

Baca Juga: 3 SPBU Pertamina Kembali Beroperasi, Setelah Terdampak Aksi Massa Di Wamena

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina, Marketing Operation Region III, Dewi Sri Utami mengatakan, berdasarkan rekaman CCTV, sumber api diduga bermula dari dalam mobil karena terlihat kilatan letupan yang disertai api, ketika operator SPBU belum selesai mengisikan BBM ke dalam tangki kendaraan.

Drum yang menyebabkan sebuah mobil Daihatsu Gran Max Terbakar di SPBU.

Kemudian api muncul dari bagian depan kendaraan, dan pengemudi terlihat langsung keluar dari mobil, lalu melarikan diri. Sementara, beberapa petugas keamanan SPBU berupaya memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR), dan juga alat pemadam api beroda (APAB).

Namun api tidak kunjung padam, bahkan semakin membesar ke bagian belakang mobil hingga akhirnya menyambar dispenser dan bangunan SPBU. Api mulai padam 30 menit kemudian dengan bantuan dari Dinas Pemadam Kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kebakaran mengakibatkan SPBU tidak beroperasi.

Sebagai alternatif, Pertamina menyarankan warga untuk sementara mengisi BBM di SPBU terdekat, yakni di SPBU 3413803 di Jalan Raya Ceger, atau SPBU 3417410 di Jalan Hankam Kranggan, Bekasi. SPBU tersebut berjarak sekitar 4 sampai 6 KM dari SPBU Jalan Pagelaran Cipayung. Adapun stok BBM dipastikan aman dan tetap dalam pemantauan.

Dewi menghimbau, masyarakat untuk turut menjaga keamanan dan keselamatan saat mengisi BBM. Diantaranya dengan mematikan mesin kendaraan saat pengisian. Pastikan juga nozzle SPBU telah tercabut saat selesai pengisian dan sebelum menghidupkan kendaraan, tangki BBM sudah tertutup rapat.

"Selain itu memastikan tangki BBM kendaraan merupakan standar pabrikan, dan tidak ada modifikasi atau tangki tambahan di dalam mobil," tegasnya.

Baca Juga: Gempa 6,8 SR Menimpa Ambon, Pertamina Pastikan Operasional SPBU Tetap Berjalan

Konsumen juga tetap mengutamakan aspek keamanan saat mengisi BBM di SPBU, tidak menggunakan telepon seluler, tidak merokok di area SPBU. Pertamina berharap aparat Kepolisian dapat mengusut tuntas kasus ini, agar bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak.