Recall Daihatsu Rocky Karena Masalah Pengelasan, Perbaikannya Sampai 10 Jam

Recall Daihatsu Rocky Karena Masalah Pengelasan, Perbaikannya Sampai 10 Jam Daihatsu Rocky diuji di pusat RnD Astra Daihatsu Motor (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan melakukan recall Daihatsu Rocky produksi 2021, Granmax serta Luxio produksi tahun yang sama. Masalah yang terjadi pada Rocky ini karena pengelasan titik dudukan sokbreker berpotensi lepas. Gejalanya, konsumen mendengar ada bunyi pada bagian depan.

Lokasi dudukan sokbreker ada di ruang mesin kiri dan kanan. Antara pelat atas dan bawah terdapat 14 titik las yang ternyata tidak tepat dengan yang sudah ditentukan.

Baca juga: Daihatsu Rocky Laris Manis, ADM Nyatakan Tidak Ganggu Sirion

"Karena kurang tepatnya titik pengelasan ada potensi lepas. Ada 9.378 unit Daihatsu Rocky 1.000 cc dan 1.200 cc produksi 2021 yang akan dilakukan perbaikan. Kami mengundang untuk ke bengkel, dan akan menguatkan dudukan sok absorber," terang Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM Bambang Supriyadi, Jum'at kemarin (11/03).

Sementara itu, Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing ADM mengatakan, pengelasan itu dikerjakan oleh tenaga manusia, dan bukan robot, sehingga ada kesalahan yang memang tidak disengaja.

"Dari 14 pengelasan, kita tambah 11 menjadi 25 pengelasan. Untuk melakukan perbaikan ini, membutuhkan waktu sampai dengan 10 jam. Waktu yang cukup lama memang, tapi untuk memastikan kenyamanan dan keamanan mobil, agar pengemudi dan penumpang aman dan nyaman," ujar Amelia Tjandra.

Baca juga: Seberapa Laris Penjualan Daihatsu Rocky Sejak 5 Bulan Diluncurkan?

Untuk proses recall ini nantinya pelanggan akan menerima informasi dengan dihubungi melalui telepon dari call center. Kemudian mengunjungi www.daihatsu.co.id/recall atau menghubungi 1500898.

Kemudian, membuat janji dan datang sesuai jadwal untuk memberikan kemudahan dan pengerjaannya sesuai dengan waktu. Amelia Tjandra juga menegaskan jika perbaikan bersifat gratis sudah termasuk biaya jasa, komponen dan material.

Selama 10 jam, Daihatsu tidak memberikan mobil pengganti untuk beraktivitas. Untuk mengakomodir recall ini, ada 162 bengkel seluruh Indonesia yang siap, kegiatan ini sudah dimulai sejak Jum'at kemarin (11/03).