POPULAR STORIES

Dakar 2022 Etape 6 : Berakhir Lebih Cepat, Daniel Sanders Menang

Dakar 2022 Etape 6 : Berakhir Lebih Cepat, Daniel Sanders Menang Daniel Sanders, Sumber Foto : Dakar

KabarOto.com – Pereli tim GasGas Factory Racing, Daniel Sanders meraih kemenangan etape keduanya di Reli Dakar 2022, Jumat kemarin (07/01).

Sanders dinyatakan sebagai pemenang walaupun Etape 6 ini merupakan tahapan khusus sepanjang 421 km yang memutari Riyadh ini harus dipersingkat di zona netral pertama usai 101 km dengan catatan waktu 51:43 detik. Hal itu karena factor keamanan terkait degradasi medan yang dilalui mobil dan truk pada Kamis (6/1) dan diperparah lagi dengan turunnya hujan lebat.

Baca juga: Ledakan Philippe Boutron, Prancis Mandatkan Investigasi Dugaan Terorisme Di Reli Dakar 2022

“Kami memulai dengan sangat baik hari ini. Kami harus naik di jalur yang digunakan oleh mobil dan truk kemarin. Trek sudah dan kami bisa melihat ke mana kami pergi. Saat berhenti saat melakukan pengisian bahan bakar, banyak pereli mengeluh betapa kasarnya medan yang dilewati dan betapa berbahayanya itu dengan bebatuan dan barang-barang lainnya. Saya kurang beruntung dan mereka mempersingkat etape ini, jadi saya tidak bisa mencetak banyak waktu hari ini,” ungkap Daniel Sanders.

Sam Sunderland finis kedua

Selain itu, Ross Branch (Monster Energy Yamaha Rally Team) mengalami kecelakaan dan harus dievakuasi dengan helicopter ke medical center. Dengan kondisi yang tidak memungkinan, akhirnya pihak Race Direction (RD) memutuskan untuk menetralisasi lomba usai pengisian bahan bakar di km 101.

Kemudian, seluruh peserta dikumpulkan dan dipandu kembali ke bivak. Pihak FIM menjelaskan bahwa hasil akhir ditentukan dari waktu kedatangan untuk pengisian bahan bakar, di mana Sanders yang tercepat.

Di posisi kedua ditempati oleh rekan setimnya Sanders yaitu Sam Sunderland yang memiliki gap 2:26 detik. Di belakangnya, Matthias Walkner finis ketiga dengan gap 2:36 detik. Selain Ross, hal serupa juga menimpa Danilo Petrucci (Tech3 KTM Factory Racing). Namun, mantan pembalap MotoGP itu mampu melanjutkan dan finis di urutan ke-40 dengan selisih waktu 12:44 detik dari Sanders.

Baca juga: Dakar 2022 Etape 5 : Toby Price Tercepat, Petrucci Podium

Matthias Walkner finis ketiga

Dalam klasemen sementara, Sunderland masih kokoh di puncak yang masih dibayangi oleh Walkner dengan gap 2:39 detik. Di posisi ketiga, kini ditempati posisi Adrien Van Beveren (Monster Energy Yamaha Rally Team) harus digusur oleh Sanders.

“Hari ini untuk Etape 6 mereka mengurangi jarak karena sangat berbahaya. Saya pikir itu adalah keputusan yang tepat dari penyelenggara karena itu benar-benar buruk usai mobil dan truk sehari sebelumnya. Sekarang kami tiba di hari istirahat dan perlu memeriksa kondisi motor bersama tim,” ungkap Kevin Benavides.

Berikut Hasil Etape 6 dan Klasemen Sementara kategori Motor Reli Dakar 2022 :

Klasemen Sementara setelah Etape 6