POPULAR STORIES

Dakar 2022 Etape 8: Mattias Ekstrom Menang Perdana, Loeb Terus Bertempur Lawan Al-Attiyah

Dakar 2022 Etape 8: Mattias Ekstrom Menang Perdana, Loeb Terus Bertempur Lawan Al-Attiyah Mattias Ekstrom saat hadapi etape 8 (Foto: Dakar)

KabarOto.com - Mattias Ekstrom dari tim Audi Sport mencetak sejarah bagi dirinya di Reli Dakar dengan memenangkan etape 8 yang menjadi kemenangan perdananya di balap ekstrem tersebut.

Hal itu dilakukan di jalur Al Dawadimi menuju Wadi Ad Dawasir sepanjang 395 km, pria asal Swedia tersebut mencatatkan waktu 3:43:21 detik.

Baca Juga: Berada Di Atas Angin, Nasser Al-Attiyah Mengaku Diuntungkan Regulasi Dakar 2022

Adapun Sebastien Loeb dari tim Bahrain Raid Xtreme (BRX) tertinggal 3 menit 08 detik yang menempatkannya di posisi ke-3 etape tersebut. Meski demikian, ia sekaligus dapat memperkecil gap dengan rival beratnya, Nasser Al-Attiyah.

"Kami sempat terkendala dengan kecelakaan dan hanya ban depan kami yang berfungsi, sedangkan (ban) bagian belakang tidak. Jujur, saya sangat ragu dan takut untuk melanjutkan balap, namun saya berbicara dalam hati bahwa saya tak peduli, pada 50 km terakhir saya akan lebih berusaha keras lagi," ujar Al-Attiyah.

Tak hanya Loeb, Yazeed Al-Rajhi dari tim Overdrive Toyota juga memburu posisi Al-Attiyah dengan raihannya yang kini menempati posisi ketiga klasemen dengan gap 53 menit 13 detik.

Baca Juga: Ledakan Philippe Boutron, Prancis Mandatkan Investigasi Dugaan Terorisme Di Reli Dakar 2022

Keseruan terjadi di km 28 saat Loeb mengalami kebocoran ban di Prodrive BRX Hunter. Peterhansel pun memanfaatkan situasi duel antara Loeb dengan Al-Attiyah dengan memimpin lomba setelah check point pertama (km 43). Tak lama berselang, trio Audi, yakni Ekstrom-Peterhansel-Sainz berhasil memimpin jalannya Etape 8.

"Kami memulai dengan sangat baik, namun saya menurunkan tempo balap saat melewati gundukan pasir karena harus lebih hati-hati yang berakhir menjadi terlalu pelan. Namun, saya meningkatkan ritme balap saat bertemu Yazid dan makin percaya diri untuk gaspol hingga akhir," ujar Ekstrom.

Selain Ekstrom, keberhasilan Sebastien Loeb merebut posisi 3 klasemen sementara sekaligus menggagalkan ambisi Audi untuk menguasai podum Etape 8 Reli Dakar karena Sainz harus terpukul mundur menempati posisi keempat.