POPULAR STORIES

Dampak PPnBM 0 Persen, SPK Toyota Naik 94-155 Persen

Dampak PPnBM 0 Persen, SPK Toyota Naik 94-155 Persen

KabarOto.com - Kebijakan memberikan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor, mulai membuahkan hasil. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya pesanan mobil. Insentif ini, diharapkan bisa meningkatkan penjualan setelah menurun akibat Pandemik Covid-19.

“Sejak dikeluarkannya kebijakan ini perusahaan otomotif melaporkan ada peningkatan penjualan,” terang juru bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri, Sabtu (13/3).

Baca Juga: Toyota GR Super Sport Bakal Diproduksi Massal?

Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) mobil melaporkan, penjualan mereka meningkat cukup tajam, sejak PPnBM 0 persen diberlakukan. Salah satunya Toyota Astra Motor (TAM).

Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy menuturkan, penjualan mobil Toyota yang mendapatkan insentif PPnBM mengalami peningkatan signifikan. "Ini terlihat dari total surat pembelian kendaraan (SPK) yang dikeluarkan," terangnya.

Dihimpun dari data 1-8 Maret 2021, penjualan Toyota Avanza, Sienta, Rush, dan Yaris, SPK-nya naik 94 sampai 155%. Angka tersebut naik, dibanding Februari lalu, pada tanggal yang sama.

Toyota Vios, yang mendapatkan diskon terbesar hingga Rp 65 juta imbas dari insentif ini, penjualannya naik lebih besar lagi karena sebelumnya permintaannya memang tidak banyak.

Baca Juga: Relaksasi PPnBM, Ini Kata Bos Honda Dan Toyota

Anton menambahkan, pihaknya sudah meminta pabrik meningkatkan produksinya. “Sekarang kami sedang memonitor kondisi stok," tambah Anton. Karena, menurut dia, tidak mudah bagi pabrik menambah produksi dalam waktu singkat.