Dampak PPnBM, Penjualan Mobil Nasional Mencapai 527 Ribu Unit

Dampak PPnBM, Penjualan Mobil Nasional Mencapai 527 Ribu Unit Penjualan mobil nasional meningkat

KabarOto.com - Pemerintah beberapa waktu lalu memberikan relaksasi pajak PPnBM untuk industri otomotif di Indonesia. Secara otomatis, penjualan kendaraan roda empat bertahap terus mengalami peningkatan.

Sepanjang periode Januari – Agustus 2021, total volume market nasional untuk retail mencapai sekitar 527 ribu unit. Sementara itu, untuk volume wholesales, juga mengalami peningkatan, menjadi sekitar 543 ribu unit.

Baca Juga: 1.200 Unit Daihatsu Rocky Laris, Jadi Backbone Terbaru

Daihatsu, merasakan dampak positif dari penerapan PPnBM, dengan raihan retail sales mencapai 89.601 unit, atau naik sebesar 36,2% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu.

Penjualan ritail Daihatsu meningkat imbas PPnBM 100 persen

Tak hanya itu, peningkatan penjualan juga terjadi pada whole sales Daihatsu sebanyak 98.519 unit, naik sebesar 69,9% dibandingkan periode yang sama. Selain secara keseluruhan, penjualan Daihatsu secara bulanan juga mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya.

Pada Agustus 2021, retail sales Daihatsu 12.199 unit, naik 20% dibandingkan Juli 2021 lalu. Kenaikan wholesales pada periode yang sama sebanyak 14.408 unit, atau naik 55,2% dibandingkan bulan sebelumnya.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, penjualan Daihatsu sampai Agustus 2021 mencapai raihan yang cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Pabrik Toyota Dan Daihatsu Terpaksa Stop Produksi Akibat Kekurangan Pemasok

"Ini tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan program relaksasi pajak untuk menggairahkan sektor industri otomotif," jelas Hendrayadi.