Pabrik Toyota Dan Daihatsu Terpaksa Stop Produksi Akibat Kekurangan Pemasok

Pabrik Toyota dan Daihatsu Terpaksa Stop Produksi Akibat Kekurangan Pemasok

KabarOto.com – Toyota telah memangkas produksinya di Amerika Utara hingga 170.000 kendaraan sampai September mendatang. Hal ini akibat dari kurangnya pemasok akibat pandemi Covid-19.

Kekurangan pasokan yang dihadapi Toyota di Amerika Utara muncul setelah pabrikan Jepang mengumumkan bahwa mereka memperkirakan akan mengurangi produksi global sekitar 40% atau 360.000 kendaraan, dan kekurangan pasokan juga akan berdampak pada Jepang, Cina, serta kawasan lain di Asia dan Eropa.

Toyota mengumumkan 27 dari 28 lini di 14 pabrik di antara fasilitasnya di Jepang akan dihentikan produksinya mulai akhir Agustus hingga September, ini juga dikaitkan dengan kekurangan suku cadang yang berasal dari Asia Tenggara.

Baca Juga : Terbanyak, Daihatsu Sudah Produksi 7 Juta Unit Mobil Di Indonesia

Libur produksi akan dilakukan selama tiga hari di pabrik Motomachi yang memproduksi Crown, Noah, Voxy, Mirai, C+pod dan GR Yaris. Untuk selama bulan September model yang tidak terlalu banyak produksinya seperti Lexus LC dan Toyota Century. Dihentikan selama dua minggu pertama bulan September adalah pabrik Takaoka, yang memproduksi Corolla dan Corolla Touring , Harrier, Prius Alpha, dan RAV4 .

Model lain yang terpengaruh termasuk C-HR , Aqua (Prius c), Yaris dan Yaris Cross dari pabrik Iwate. Lalu Prius, Prius Prime PHEV, Corolla Sport, Camry dan Lexus ES dari pabrik Tsutsumi. Ada juga Land Cruiser Prado, Lexus GX, 4Runner dan Lexus LS , IS , RC , RC F , NX dari pabrik Tahara. Serta Hiace, Granace, Alphard, Vellfire dan Lexus LM dari pabrik Toyota Auto Body Inabe.

Baca Juga : Harga Hyundai Staria Sudah Diumumkan, Ada 2 Pilihan

Begitu juga Daihatsu Motor Co., Ltd. Mengumumkan pada 20 Agustus bahwa mereka akan menghentikan operasi di pabrik mobil domestiknya karena kekurangan pasokan suku cadang. Pabrik ke-2 Shiga (Ryuo). Jadwal mulai 23 Agustus 2021, 30 Agustus hingga 17 September, 27 September, total 17 hari kerja. Yang memproduksi model Rocky / Raize, Tanto / Chiffon, Move Canvas.

Lalu pabrik Markas Besar (Ikeda). Libur 10 hari kerja, dari 30 Agustus hingga 10 September 2021. Pabrik Copen akan Diproduksi mulai 6 hingga 10 September yang memproduksi Tall / Roomy / Justy, Boon / Passo, Copen. Pabrik Kyoto (Oyamazaki) Jadwal penangguhan: 3, 10 dan 17 September 2021 Total 3 hari kerja.

Daihatsu Kyushu Co., Ltd. Pabrik Oita (Nakatsu) No. 2. Total 8 hari kerja dari 1 hingga 10 September 2021, yang produksi Mira e: S / Pixis Epoch / Pleo Plus, Mira Tocot, Move / Stella, Cast / Pixis Joy, Tuft.