Dan Gurney Bersama Kru All American Racers Ciptakan Mesin Baru

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 07 Sep 2015 - 08:15
 Dan Gurney Bersama Kru All American Racers Ciptakan Mesin Baru
Dan Gurney merupakan salah satu tokoh yang serba bisa. Selain merupakan pebalap veteran, ia juga merupakan seorang penemu serta seorang teknisi handal (Foto: Motortrend)

Dalam dunia balap, Dan Gurney merupakan salah satu tokoh yang serba bisa. Selain merupakan pebalap veteran, ia juga merupakan seorang penemu serta seorang teknisi handal yang dikenal dengan komponen aerodinamika ciptaannya yang telah digunakan di dunia balap otomotif dan penerbangan,'Gurney flap'. Selain komponen tersebut, pebalap veteran ini kini memperkenalkan karya ciptanya yang baru, sebuah mesin pembakaran internal yang baru.

Dan Gurney bersama dengan kru dari All American Racers Racing Team, baru saja mematenkan desain mesin baru yang disebut "Moment-Cancelling 4-stroke." Mesin ini sebetulnya dirancang untuk sepeda motor, namun Gurney berkata bahwa mesin ini juga dapat digunakan untuk menggerakkan mobil, pesawat dan kapal laut. Pebalap veteran ini juga menyebutkan bahwa tujuan pembuatan mesin ini adalah ukuran yang kompak dan sederhana serta memiliki reliabilitas yang handal dengan suara mesin yang halus, bertenaga dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Bila melihat gambar desain paten, mesin yang dirancang oleh Dan Gurney dan timnya terlihat memiliki 2 silinder dengan poros engkol tersendiri. Poros engkol mesin tersebut kemudian dihubungkan dengan sebuah roda gigi yang sepertinya akan berputar ke arah yang berlawanan. Dari gerakan piston, poros bubungan dan poros engkol yang berlawanan tersebut diyakini secara teoritis dapat mengurangi getaran mesin menurut Gurney.

Dan Gurney kemudian juga menyebutkan bahwa prototipe mesin ini juga belum dijalankan secara nyata, namun ia telah memiliki data simulasi kerja mesin dengan berbagai rasio kompresi. Dan bila data simulasi tersebut sesuai, maka mesin tersebut akan memiliki tenaga dan kapasitas seperti mesin 1.800cc yang telah ada.

"Mesin ini juga dapat memilliki banyak silinder bila poros engkol dibuat lebih panjang dan mesin ini dapat mengurangi getaran secara signifikan bila digunakan untuk sepeda motor," ucap Dan Gurney.

Baca Juga: