POPULAR STORIES

Dapat Dukungan Bamsoet, Ini Misi Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring

Dapat Dukungan Bamsoet, Ini Misi Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring Dapat Dukungan Bamsoet, Ini Misi Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring (Foto: IMI)

KabarOto.com - Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mendukung kegiatan Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring yang dilaksanakan pada Juni-Juli 2022.

Turing motor lintas negara ini dibuat oleh IMI bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Laos dibawah kepemimpinan Duta Besar Pratito Soeharyo, Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengenalkan kekayaan budaya, seni, destinasi wisata, serta produk koperasi dan UMKM asal Indonesia. Sekaligus dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Laos.

Baca juga: Deklarasi Komunitas Team Good Boy Dihadiri IMI Dan HDCI Lampung

"Turing akan start dari Indonesia dengan melintasi enam negara, yakni Singapura, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Thailand, hingga akhirnya finish di Laos. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di sejumlah negara yang dilalui tersebut juga sudah mendukung kegiatan Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring. Sekitar 50 motor berbendera Indonesia akan ikut serta dalam kegiatan turing ini," ungkap Bamsoet.

Koordinasi Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring

Selain itu, Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring juga sebagai bagian untuk mempererat silaturahmi antar anggota motor di berbagai negara ASEAN. Sekaligus sosialisasi fasilitas IMI berupa dokumen FIA Carnet De Passages En Douane (CPD) atau yang dikenal dengan visa kendaraan bermotor lintas negara.

Baca juga: Distrik Otomotif PIk 2 Akan Menjadi Tempat Berkumpul Komunitas Otomotif IMI

"CPD sangat bermanfaat bagi pada komunitas otomotif yang ingin menggunakan kendaraannya sendiri dari Tanah Air untuk melintasi negara-negara dikawasan ASEAN. Fasilitas ini dapat terwujud berkat dukungan yang luar biasa dari Bea dan Cukai Indonesia," tambah Bamsoet.

Bamsoet menjelaskan selama turing, para peserta akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang telah disiapkan dari KBRI di masing-masing negara yang dilalui. Seperti Wonderful Indonesia Cultural Night hingga melakukan bakti sosial.

"Kegiatan promosi seni, budaya, destinasi wisata, hingga produk koperasi dan UMKM Indonesia melalui interaksi antara biker Indonesia dengan komunitas motor setempat di enam negara ASEAN yang dilalui, merupakan sebuah terobosan diplomasi yang out of the box," pungkasnya.