POPULAR STORIES

Datsun 240Z Ini Dimodifikasi Menggunakan Mesin 2JZ

Datsun 240Z Ini Dimodifikasi Menggunakan Mesin 2JZ

KabarOto.com - 240Z adalah mobil yang diproduksi pabrikan asal Jepang yaitu Datsun, diproduksi pada tahun 1969 hingga 1978. Mobil ini kemudian menjadi populer, karena bentuk bodinya yang sporty. Bahkan hingga tahun 2019 ini, mobil ini masih cukup populer. Karena masih banyak orang-orang yang berupaya untuk merestorasi dan memodifikasi mobil ini.

Seperti Datsun 240Z yang satu ini, mobil produksi tahun 1972. Menolak untuk pensiun, Datsun 240Z ini direstorasi dan dimodifikasi oleh CCW Wheel.

Secara eksterior, modifikasi yang dilakukan pada bodi mobil ini tergolong rapih. Seperti di bagian depan mobil ini. Bagian grill telah diperbesar bertujuan untuk menyalurkan udara dengan volume lebih banyak, ke intercooler dan radiator.

Baca Juga: Datsun 620 Pick Up Long 1.500 asal Lampung Ini Langganan Sabet Piala Kontes

Bagian lampu masih menggunakan bawaan dari Datsun. Hanya saja diberi aksen berbentuk X pada lampunya. Bagian bumper juga sudah diganti, untuk menyesuaikan dengan grill yang lebih besar.

Pada bagian samping mobil ini, juga terdapat cukup banyak perubahan. Yang paling terlihat adalah bagian over fender dengan ukuran besar pas dengan pelek merek CCW yang digunakan

Pelek lansiran CCW ini menggunakan perpaduan warna hitam dan krom. Ukurannya 16" dengan lebar 10,5 inci untuk bagian depan, sementara di belakang menggunakan lebar 11 inci dan semua pelek tersebut dibalut ban Toyo Proxes.

Baca juga: Modifikasi Datsun 510 Mad Wagon Asal Tangerang Ini Jadi Buah Bibir Di Australia

Sebuah tire lettering juga terlukis di ban Datsun 240Z ini, sebagai upaya mengentalkan aura retro pada mobil tersebut. Untuk sektor pengereman, Datsun 240Z ini juga sudah menggunakan big brake kit, dengan kaliper berwarna kuning. Bagian suspensinya mengandalkan coilover lansiran D2.

Mempertahankan nilai retro mobil ini, bagian kaca spion tetap menggunakan model aslinya dengan pemasangan yang tetap pada bagian bodi depan.

Bagian belakang dari mobil ini juga masih menggunakan bentuk bawaannya. Dengan sebuah ducktail yang terpasang di bagian buritan belakang di dampingi sepasang lampu kotak khas Datsun 240Z.

Urusan jantung pacu dari mobil ini sudah diganti dengan mesin mobil lain. Sebagai standarnya Datsun menggunakan mesin 6 silinder SOHC segaris berkubikasi 2.400 cc. Menghasilkan tenaga maksimal hingga 151 dk, dan torsi maksimal 198 Nm.

Baca juga: 5 Kendaraan Istimewa Koleksi Donald Trump, Ada Motor Lapis Emas Sob!

Untuk kepentingan performa, mesin aslinya dipensiunkan. Gantinya adalah mesin berkode 2JZ milk Toyota yang legendaris, mesin tersebut di tunning untuk memaksimalkan daya keluarannya.

Dilansir dari Ccwheels.com, bahkan dalam keadaan standar, mesin ini menghasilkan setidaknya 230 dk dan torsi 298 Nm. Namun, menurut kabarnya mesin ini menghasilkan setidaknya 600 dk.

Selain itu, bagian transmisinya juga telah diganti. Transmisi dari mobil ini sudah menggunakan R154 transmission system berpadu dengan R200 differential. Transmisi manual inilah, yang menyalurkan tenaga sekitar 600 dk tersebut ke roda belakang.

Luar biasa memang Datsun 240Z ini, sudah 47 tahun mengaspal masih menolak untuk pensiun. Malah berpindah haluan menggunakan mesin dari Toyota. (Gregorius Nikolaus.P)