Datsun 510 SSS 1971 - Terinspirasi Brock Racing Enterprises

Kipli
Kipli 26 May 2018 - 12:36
Datsun 510 SSS 1971 - Terinspirasi Brock Racing Enterprises
Ditengah sengitnya persaingan mobil balap Trans-AM, Datsun BRE adalah satu-satunya mobil Jepang dan sempat mendominasi balap tersebut (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Mayoritas penyuka besutan retro, klasik dan vintage menginginkan hasil maksimal pada kendaraan antiknya. Jika ia seorang purist, maka restorasi sampai ke baut orisinil adalah pilihannya. Jika terobsesi dengan hal yang agak liar, maka engine swap dan rombakan bodi bisa dijadikan opsi yang bisa dipilih.

Namun modifikator Datsun 510 SSS ini ternyata berkiblat pada seorang modifikator asal Negeri Kangguru, yakni Brock Racing Enterprise.

Masa itu, di tengah sengitnya persaingan mobil balap Trans-AM, Datsun BRE adalah satu-satunya mobil Jepang dan sempat mendominasi balap tersebut.

“Sejarahnya mobil balap dari Jepang di Trans-Am itu baru waktu zamannya BRE masuki Datsun ini, sisanya mobil Amerika-Eropa semua dominasinya,” jelas Wahyu 'Cimoh', selaku modifikator dari mobil milik Mr.H ini.

Pria yang akrab dipanggil Cimoh itu membuat mobil ini dengan detail dari mobil balap milik Peter Brock dari Brock Racing Enterprise di ajang balap SCCA (Sports Car Club of America) tahun 1969, dan berhasil mendominasi 2.5 Trans-Am Production Class di tahun 1971 dan 1972.

Namun sayang, setelah musim balap tersebut berakhir, mobil legendaris tersebut harus dimuseumkan. Karena itu, pria 2 anak ini mencoba membuat mobil yang bisa merepresentasikan zaman keemasan tim BRE tersebut.

Baca Juga: Toyota Corolla Great AE101 1995 – Disesaki Parts EUDM

Editor : rio