POPULAR STORIES

Debut Glenn Nirwan Di Balap Touring Menggunakan Audi RS3 LMS TCR

Debut Glenn Nirwan di Balap Touring Menggunakan Audi RS3 LMS TCR Audi RS3 LMS TCR yang bakal dikendarai Glenn Nirwan di balap Touring (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Glenn Nirwan memulai debutnya di balap touring setelah sekian lama berkecimpung di balap rally. Pembalap asal Balikpapan bergabung dengan BRM Motorsport TCD (Touring Car Division) dan menggunakan mobil Audi RS3 LMS TCR.

"Saya kembali ke balap touring, setelah 13 tahun turun di balap rally. Banyak penyesuaian yang dilakukan bukan hanya dari mobilnya, tapi juga dari gaya balap saya. Bisa dibilang balap rally dengan touring itu berbeda 180 derajat," ungkap Glenn saat ditemui di Sirkuit Sentul.

Audi RS3 LMS TCR didominasi warna merah dan hitam

Audi RS3 LMS TCR yang bakal digeber Glenn Nirwan ini didatangkan langsung dari Jerman dan dibangun oleh Audi Sport. Jadi, unitnya sudah terlahir sebagai mobil balap.

"Untuk kebutuhan balap di sini, kami melakukan penyesuaian kaki-kaki, suspensi dan ban yang digunakan untuk balap dunia dengan di Indonesia itu berbeda," ungkap Glenn.

Baca Juga: Ini Para Jawara Final Dan Kejurnas APRC 2023

Selain itu, aspal dan temperatur di Indonesia berbeda, jadi ubahan fokusnya di kaki-kaki. Bagian mesin dan maping tidak ada yang diubah sama sekali.

Ubahan pada sektor kaki-kaki dan suspensi untuk kebutuhan balap TCR di Indonesia

Audi RS3 TCR ini menggendong mesin 4 silinder segaris, turbocharged, berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 340 dk dengan torsi puncak hingga 420 Nm.

Mengingat mobil ini diproduksi untuk keperluan balap, maka beberapa piranti yang ada di interior terpaksa ditanggalkan dan dibiarkan kosong dengan menyisakan satu kursi untuk pengemudi, guna memangkas bobotnya.

Penggunaan materialnya pun diseleksi, dengan tujuan untuk memberikan akselerasi mumpuni. Sehingga, beberapa bagian sudah tidak lagi berbahan pelat besi dan digantikan dengan bahan serat karbon.

Debut balap touring Glenn Nirwan terjadi di ISSOM 2023

Baca Juga: Saber Industries Redme Racing Team Bawa Nama Indonesia Di Sepang 1000 Km Endurance Race

Tampilan luarnya juga telah didesain dengan memperhatikan aerodinamika terbaik untuk mengalirkan angin dari depan ke belakang tanpa menghambat akselerasi mobil. Bahkan, beberapa komponen tambahan seperti front lip bumper, wide body, rear spoiler dan beberapa air intake juga dihadirkan untuk memberikan downforce lebih baik.

Di sektor kaki-kaki, mobil balap Audi RS3 TCR telah dibekali dengan pelek kompetitif berdesain multispoke serta ban berperforma tinggi berukuran 265/35 R19. Untuk mendukung faktor keamanannya, pabrikan juga telah melengkapi aspek tersebut dengan mempersenjatainya lewat Big Brake Kit (BBK).

Sebagai informasi, semua mobil TCR sendiri menggunakan setir kiri, agar bisa sesuai dengan balapan TCR di seluruh dunia.

Eksterior dilengkapi sistem aerodinamika untuk aliran angin

Baca Juga: Mengenal Asia-Pacific Rally (APRC), Ini Penjelasannya

"Dari setir kanan ke kiri, ada penyesuaian khusus tapi tidak terlalu lama waktunya. Fokus lebih ke gaya balapnya sendiri, karena rally dan touring jauh berbeda," ungkap Glenn.

Saat datang pertama kali ke Indonesia, ada teknisi dari Audi Jerman yang memberikan pengarahan soal perawatan Audi RS3 LMS TCR. "Setelah itu kami mengembangkannya sendiri, dibantu dengan teknisi dari Malaysia yang berpengalaman di balap TCR dunia," tutup Glenn.