Demi Kendaraan Listrik, Honda Tunjuk CEO Baru

Demi Kendaraan Listrik, Honda Tunjuk CEO Baru

KabarOto.com – Honda Motor Co, mengumumkan mundurnya kepala eksekutifnya Takahiro Hachigo, dan akan digantikan oleh Toshihiro Mibe mulai 1 April 2021.

Toshihiro Mibe telah menjabat sebagai Presiden Unit R&D sejak 2019, dirinya bertugas mengembangkan mesin dan bisnis drive-train sejak bergabung dengan Honda pada 1987.

Kabarnya, penunjukkan Toshihiro Mibe ini sebagai langkah Honda untuk mengejar ketinggalan di segmen kendaraan listrik yang menghadirkan banyak pendatang baru, seperti Tesla, Apple dan Amazon.

Baca juga: Terkesan Futuristik, Honda HR-V Terbaru Bakal Tersedia Versi Hybrid?

Toshihiro Mibe

Sementara itu, Takahiro Hachigo yang tetap berada di dewan perusahaan mengatakan, “Dia (Mibe) memiliki keahlian dalam teknologi lingkungan dan energi. Dirinya telah melihat kea rah masa depan, suatu hal yang harus diambil Honda.”

Menurut Takaki Nakanishi, Kepala Eksekutif dari Institut Penelitian Nakanishi, mengungkapkan, “Pergantian CEO ke tangan Mibe, seorang yang tahu betul tentang teknologi kendaraan listrik dan telah melakukan negosiasi dengan pembuat mobil global adalah kesempatan bagi Honda untuk mempercepat elektrifikasi.”

Baca juga: Honda Tanggapi Rencana Pemerintah Turunkan PPnBM

Selama enam tahun kiprahnya, Takahiro Hachigo bekerja untuk menyederhanakan proses pengembangan kendaraan dengan menggabungkan beberapa operasi untuk mobil dan sepeda motor.

Selain itu, dirinya juga memangkas biaya dengan mengurangi produk Honda dan mengonsolidasikan pabrik di dalam dan luar negeri. Serta bekerjasama dengan General Motors dalam hal pengembangan mobil listrik dan otonom.