POPULAR STORIES

Dexlite Diprediksi Akan Menggusur Solar

Dexlite Diprediksi Akan Menggusur Solar Dengan harga Rp 6.750 perliter, Dexlite diprediksi akan menggantikan posisi BBM jenis Solar bersubsidi. (Foto: Bimo H.)

Kehadiran Pertamina Dexite diharapkan akan menurunkan jumlah solar bersubsidi yang saat ini banyak digunakan para pengguna kendaraan premium berbahan bakar diesel. Karena Dexlite ini merupakan bahan bakar kualitas Dex dengan harga Lite.

Direktur Pemasaran PT. Pertamina (persero) mengatakan, pengguna kendaraan diesel tidak akan melihat harga perliter tapi per kilometer, karena menurutnya bahan bakar ini lebih irit dari solar. Bahkan ia memprediksi tahun depan Dexlite ini 20 persen akan menggusur solar.

“Secara perlahan memang ingin menghapus solar subsidi, karena Dexlite ini kan sudah diatas Euro 2 dan kita akan kembangkan terus untuk kenteknologi Euro 4. Industri otomotif sendiri sekarang sudah Euro 4 dan di luar negeri diesel itu sekarang diminati,” paparnya.

Dexlite juga sangat cocok dengan kendaraan seperti Chevrolete Captiva, Colorado, Hyundai H-1, Isuzu dan kendaraan pribadi bermesin diesel lainnya. Dexlite sendiri akan mengubah arah Gabungan Industri Kendaraan Indoneseia (Gaikindo) karena Dexlite ini memiliki bahan yang bagus dengan harga terjangkau.

Dr. Yus dari ITB bahkan menilai, Dexlite ini bahan bakar yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi seperti solar atau premium. Dengan harga yang terjangkau yaitu Rp. 6.750 perliter Dexlite akan meningkatkan performa mesin menjadi lebih bertenaga namun tidak membuat mobil menjadi boros.

Di SPBU Coco di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan sendiri sudah tidak terlihat pompa bensin untuk Solar dan Bio Solar. Ini menjadi fokus pertamina untuk meningkatkan kualitas bahan bakar diesel yang lebih berkualitas.

Baca Juga: