POPULAR STORIES

Di Tangan Geely, Lotus Akan Menjadi Lawan Berat Ferrari Dan Porsche

Di Tangan Geely, Lotus Akan Menjadi Lawan Berat Ferrari dan Porsche Deretan produk Lotus (Driversmagazine)

KabarOto.com - Lama tak terdengar kabarnya, Lotus kembali akan hadir dengan produk-produk terbaiknya. Geely, pabrikan otomotif Cina yang kini menjadi induk perusahaan mobil asal Inggris itu, optimis mampu menjadikan Lotus sebagai pesaing Ferrari dan Porsche.

Seperti diketahui, pada akhir tahun lalu, Geely baru saja membeli sebagian besar saham produsen mobil sport legendaris tersebut. Penjualan sahamnya itu berhasil menyelamatkan Lotus dari kebangkrutan.

Dilansir dari Bloomberg, Geely saat ini sedang mempertimbangkan untuk menambah investasi setidaknya 1.9 miliar USD atau sekitar Rp 27 triliun, untuk membantu menghidupkan kembali Lotus yang beberapa dekade lalu identik dengan film james Bond. Investasi dilakukan untu bersaing dengan pabrikan mobil sport besar seperti Porsche.

Lotus Concept

Sementara itu kepada Automotive News, Seorang sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan, Zhejiang Geely Holding Group Co, yang juga pemilik Volvo Car Group, berencana menambah fasilitas produksi dan pusat penelitian untuk Lotus Cars di Inggris.

Baca juga: Suzuki Jimny Salah Satu Mobil Paling Menggoda Di GIIAS 2018

Geely juga dilaporkan akan meningkatkan 51 persen sahamnya di Lotus dengan mitra mereka asal Malaysia, Etika Automotive Sdn Bhd, yang memegang 49 persen sisanya. "Geely berkomitmen penuh untuk mengembalikan Lotus menjadi merek mewah global terkemuka," tulis Lotus dalam sebuah pernyataan resminya.

Investasi ini juga untuk memperluas pabrik Hethel di Inggris dan akan mempekerjakan 200 engineers baru. Kemudian mereka berencana untuk mendirikan pabrik kedua di Inggris, di West Midlands, untuk meningkatkan produksi serta menambahkan pusat inovasi dan desain di Coventry, Inggris.

Geely juga telah berkomitmen untuk membangun pabrik Lotus baru di China. Dalam jangka panjang, Geely ingin memposisikan Lotus sebagai merek mewah yang akan mejadi lawan berat Porsche dan Ferrari. Rencana itu didukung tren teknologi baru dari elektrifikasi dan kecerdasan buatan.

Sekadar diketahui, Lotus merupakan mobil yang digunakan dalam film James Bond "The Spy Who Loved Me" pada tahun 1977 dan "For Your Eyes Only" pada tahun 1981. Setelah itu nama Lotus seakan tenggelam di bawah manajemen Proton mengambil alih 51 juta pounda atau sekitar Rp 946 miliar pada tahun 1996.

Lotus Esprit Turbo dalam film James Bond

Dalam tujuh bulan pada tahun ini, Proton hanya dapat menjual 145 mobil di negara asalnya.Menurut data registrasi dari Society of Motor Manufacturers and Traders di London25 persen.