Diam-diam Geely sedang Kembangkan Mobil Terbang

Edo Permanadhita
Edo Permanadhita 22 May 2018 - 14:09
Diam-diam Geely sedang Kembangkan Mobil Terbang
Geely Terrafugia TF-X (Terrafugia)

KabarOto.com - Berkerjasama dengan Terrafugia, produsen mobil asal Cina, Geely, dikabarkan sedang melakukan pengembangan mobil terbang pertamanya.

Terrafugia merupakan perusahaan start up yang memproduksi mobil terbang, dan sahamnya telah diakuisisi Geely.

Dinamakan TF-X, tampilan luar mobil terbang ini terlihat futuristik, dengan sayap yang berada di kedua sisinya, dapat dilipat secara otomatis. Pada bagian interior, mobil terbang ini memiliki dua tempat duduk.

Saat ini, Terrafugia telah memproduksi mobil terbang bernama Transition. Untuk membuatnya dapat melaju di jalan raya dan terbang, Transition menggunakan mesin Rotax Piston.

Dengan mesin itu, Terrafugia mengklaim bahwa Transition mampu terbang dengan kecepatan jelajah sekitar 160 kpj, dan dapat mencapai ketingian 10.000 kaki, jangkauan maksimumnya hingga 640 km.

Bersama Geely, nantinya model terbaru TF-X akan memiliki kemampuan vertikal take-off dan landing (VTOL), memiliki desain yang lebih ramping dari Transition.

Sumber tenaganya direncanakan mengunakan dua buah motor listrik, yang akan menyediakan setidaknya satu megawatt daya, atau setara dengan 1.341 dk. Motor listrik tersebut lantas digabungkan dengan mesin bensin bertenaga 300 hp, sehingga dapat mendorong TF-X hingga mencapai kecepatan 322 kpj.

Baca Juga: Gaet Airbus, Audi Pamerkan Konsep Mobil Terbang

Rencananya, mobil terbang tersebut mulai dipasarkan pada 2019. "Tim di Terrafugia telah berada di garis depan untuk mewujudkan visi untuk mobil terbang dan menciptakan solusi mobilitas utama, serta membuat mobil terbang menjadi kenyataan," ucap Li Shufu, Founder and Chairman Geely.

Editor : ballian