POPULAR STORIES

Dibekali 2 Teknologi Ini, UD Truck Quester Euro 5 Bisa Diisi Solar Subsidi

Dibekali 2 Teknologi Ini, UD Truck Quester Euro 5 Bisa Diisi Solar Subsidi UD Trucks Quester Euro 5 (Foto: KO)

KabarOto.com - Pemerintah mulai April 2022 ini mewajibkan seluruh kendaraan diesel sudah berstandar Euro 4. Namun UD Trucks justru menghadirkan kendaraan niaga yang sudah memenuhi standar Euro 5. Uniknya, meski modern namun truk yang mereka hadirkan dapat menggunakan bahan bakar bio solar.

Dalam menghadirkan produk yang ramah lingkungan tersebut, UD Truck menggunakan dua teknologi yaitu Selective Catalyc Reduction (SCR) dan Exhaust Gas Recirculation (EGR).

Baca juga: UD Trucks Luncurkan Quester Euro5, Lebih Ramah Lingkungan

"EGR mengharuskan untuk gunakan BBM bersulfur maksimal 50 ppm, setara dengan Pertamina Dex (nonsubsidi)," jelas Kepala Eksekutif Astra UD Trucks Winarto Martono di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa kemarin (12/04).

UD Trucks Quester Euro 5 diklaim irit bahan bakar (Foto: KO)

Dia menambahkan, teknologi CSR digunakan karena pertimbangan pemerintah terkait standar emisi gas buang harus setara Euro 4 dan kepentingan perusahaan truk di Indonesia.

Teknologi ini, menurut dia bisa beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar biosolar atau solar subsidi, namun tetap menghasilkan emisi gas buang Euro 5.

“Ini merupakan solusi yang tepat untuk tuntutan pemerintah dan pengusaha truk di Indonesia," jelas Winarto Martono.

Baca Juga: Scania Dan UD Trucks Luncurkan Kendaraan Komersial Dengan 5 Keunggulan

Quester Euro 5 menggunakan mesin yang sama dengan mesin Quester yang diluncurkan pada 2015, mesin commonrail yang dipadukan dengan teknologi SCR sehingga mampu melindungi mesin tetap awet sepanjang waktu, dan aman dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang.

AdBlue digunakan sebesar 3-5 persen dari bahan bakar, sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien. Quester ini juga sudah lolos pengujian emisi dari lembaga independen penguji dan dinyatakan nilai NOx yang dihasilkan di bawah ambang batas Euro 5.

Sehingga, meski menggunakan bahan bakar bersubsidi, tetap memenuhi standar emisi Euro 5. Quester Euro 5 ini juga sudah didaftarkan Serifikasi Uji Tipe (SUT) di Kementerian Perhubungan.