POPULAR STORIES

Diharapkan Mampu Bertahan, Astra Honda Motor Latih Wirausahawan Bengkel Di Tengah Badai Pandemi

Diharapkan Mampu Bertahan, Astra Honda Motor Latih Wirausahawan Bengkel di Tengah Badai Pandemi

KabarOto.com - Covid-19 yang hantam sektor usaha kecil menengah (UKM), membuat Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) gelar pelatihan

kompetensi tingkat lanjut untuk bengkel wirausaha muda yang tergabung pada Astra Honda Youthpreunership Program (AHYPP).

Diakui pihaknya, hal tersebut merupakan bagian dari konsistensi komitmen Yayasan AHM dalam melahirkan wirausaha muda mandiri dari dunia vokasi di Tanah Air. Pelatihan komprehensif ini diselenggarakan secara daring pada 1 - 3 Desember 2020.

Sebanyak 21 wirausahawan muda pemilik bengkel binaan alumni SMK dilatih terkait teknis maupun non teknis untuk membantu meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan bengkel oleh instruktur PT Astra Honda Motor (AHM) dan pelatih yang diklaim profesional di bidangnya.

Baca Juga: Honda Tidak Lagi Jual Mobil Bermesin Konvensional Tahun 2022

Beragam materi ini meliputi materi teknis troubleshooting dan pengetahuan terkait part, maupun pelatihan soft skill seperti manajemen pengelolaan bengkel, digital dan offline marketing, customer handling, hingga manajemen personalia bengkel.

Adapun pelatihan keselamatan berkendara serta pengetahuan terkait Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) bengkel. Para peserta juga diharuskan mengerjakan tes sebelum dan setelah pelatihan untuk memastikan efektivitas dan pemahaman mereka terkait materi yang disampaikan.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan, "Harapannya mereka tetap bertahan bahkan tumbuh menjadi usaha yang kompetitif yang nantinya dapat berkontribusi ke masyarakat sekitar mereka," ujar Muhibbuddin.