POPULAR STORIES

Dijuluki Smart Factory, Apa Saja Fasilitas Pabrik Porsche Di Leipzig?

Dijuluki Smart Factory, Apa Saja Fasilitas Pabrik Porsche di Leipzig? Fasilitas Pabrik Porsche di Leipzig (Foto-foto: Porsche)

KabarOto.com - Porsche menjelaskan visinya terhadap pabrik yang mereka juluki Smart Factory di Leipzig, Jerman. Hal ini didasarkan pada proses yang efisien dan hemat sumber daya cerdas, dan ramah lingkungan.

Proses di pabrik perakitan merupakan contoh produksi campuran, dengan tingkat kompleksitas yang tinggi, yakni ketika sasis dan bodi disatukan. Di sini, mobil dengan tiga jenis dapur pacu berbeda, seperti konvensional, hibrida, dan listrik diproduksi dalam satu jalur perakitan.

Teknis Pabrik

Baca Juga: 'Dicium' Mitsubishi Xpander di PIK 2 Tangerang, Intip Spesifikasi Porsche 911 GT3

Zaman dahulu, lapisan cat diperiksa oleh anggota tim, namun kini solusi cerdas dengan deteksi kesalahan otomatis (AFE) telah beroperasi sejak tahun 2023. Hanya dalam 70 detik, 2 robot memindai lapisan cat. seluruh permukaan luar bodi mobil dengan pola garis-garis tipis.

Ada sekitar 100 ribu foto, memungkinkan mereka menggunakan pantulan untuk mengidentifikasi ketidakteraturan terkecil sekalipun. Berdasarkan hasil, 5 komputer pengolah gambar menghasilkan visualisasi 3D dengan sangat cepat menunjukkan lokasi dan jenis penyimpangan yang terdeteksi kepada pekerja.

Sejak tahun 2017, pabrik Leipzig hanya menggunakan listrik dari energi terbarukan. Produksi di pabrik Leipzig sudah netral CO2 sejak tahun 2021. Sebagian listrik yang dibutuhkan diproduksi oleh pabrik itu sendiri, dengan empat sistem fotovoltaik terpasang dengan total output sekitar 9,4 MWp (megawatt peak).

Porsche sedang berupaya mencapai status netral karbon untuk mobil-mobil barunya yang diproduksi pada tahun 2030.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Porsche Panamera 4 E-Hybrid dan 4S E-Hybrid

Fasilitas pabrik Porsche selain produksi mobil

Di lahan off-road seluas kurang lebih 132 hektar, pabrik ini klaimnya menerapkan konsep padang rumput penggembalaan berbasis alam.

Selain sapi Heck dan kuda poni Exmoor, Porsche juga telah memperkenalkan sekitar 3 juta lebah madu ke lokasi tersebut, yang kawasan alaminya juga menyediakan ruang hidup bagi banyak hewan dan tumbuhan liar.

Pada tahun 2002, pabrik Porsche di Leipzig mulai beroperasi sebagai tempat produksi kedua setelah kantor pusat perusahaan di Stuttgart-Zuffenhausen.

Lebih dari 4.600 karyawan membuat model Macan dan Panamera di sini. Pabrik ini juga merupakan rumah bagi Porsche Experience Center dengan trek bersertifikasi FIA dan jalur off-road.