Dinilai Majukan Sektor Otomotif, Ini Kata Menteri Perindustrian Soal Industri Modifikasi

Dinilai Majukan Sektor Otomotif, Ini Kata Menteri Perindustrian Soal Industri Modifikasi

KabarOto.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) berpendapat bahwa saat ini industri modifikasi di Tanah Air pun turut menopang sektor otomotif karena semakin tumbuh dan berkembang.

Menurutnya, industri modifikasi merupakan sektor yang mampu membuka banyak lapangan kerja dan sejalan dengan tujuan Undang-Undang Cipta Kerja dari Presiden Indonesia.

“Sebab, perkembangan industri modifikasi juga berdampak pada meningkatnya penjualan otomotif secara nasional,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa industri modifikasi telah meningkatkan daya saing produk-produk dalam negeri.

"Seiring dengan perkembangan industri otomotif, perkembangan industri jasa aftermarket juga kian berkembang positif,” imbuhnya.

Baca Juga: Sukses Terselenggara, Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 Diklaim Lampaui Target Pengunjung

AGK menjabarkan, indikator perkembangan industri modifikasi nasional salah satunya ditandai dengan gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 yang menampilkan beberapa karya anak bangsa bersaing secara internasional.

Kemenperin juga telah mengajukan relaksasi sejumlah pajak untuk mendukung keringanan pembelian kendaraan, antara lain pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru sebesar 0%, PPN, serta pajak daerah yang mencakup bea balik nama (BBN), pajak kendaraan bermotor (PKB) dan pajak progresif.