POPULAR STORIES

Disuplai 1,3 Miliar Euro, Peugeot Gandeng Total Jadi Produsen Baterai Otomotif 3 Tahun Lagi

Disuplai 1,3 Miliar Euro, Peugeot Gandeng Total Jadi Produsen Baterai Otomotif 3 Tahun Lagi

KabarOto.com - Merek Peugeot Global melihat peluang industri otomotif yang serba elektrik. Pihaknya melirik mobil tenaga baterai sebagai peluang besar untuk perkembangan industri otomotif dunia.

Grup Peugeot jalin kerjasama dengan merek Total dalam membuat pabrik baterai. Perjanjian kerjasama ini membuat Grup PSA dan Total akan menjadi supplier baterai otomotif tingkat global dan mulai memproduksi baterai pada tahun 2023.

Proyek ini diklaim bertujuan mengurangi dampak lingkungan dari energi konvensional serta memberikan energi alternatif yang bersih dan terjangkau. Selain itu, menghasilkan baterai kendaraan listrik yang memprioritaskan sisi performa, otonomi, daya isi ulang, dan emisi rendah.

Baca Juga: Perangi Covid-19, Peugeot Ikut Andil Produksi 70 Juta Masker Per Tahun

Adapun mereka akan menyuplai sumber tenaga bagi mobil full elektrik untuk pasar Eropa yang terestimasi sebesar 400 GWh di tahun 2030 mendatang dan memastikan kemandirian industri baterai di Eropa lebih dari 10% kebutuhan baterai dari pasar mobil listrik di Eropa pada 2030 mendatang.

Pemerintah Prancis dan Jerman turut membantu dengan menggelontorkan dana hingga 1,3 miliar Euro. Selain itu proyek ini mendapatkan persetujuan dari institusi Eropa (IPCEI). Keseluruhan proyek ini diklaim akan membutuhkan investasi lebih dari 5 miliar Euro.

“Saya ingin berterima kasih terhadap komitmen dari tim Total dan tim Grup PSA yang telah membuat proyek ini menjadi kenyataan. Langkah selanjutnya sudah sangat jelas yaitu menawarkan energi yang bersih, aman, dan terjangkau bagi masyarakat luas,” ucap Carlos Tavares, Chairman dari Grup PSA.