POPULAR STORIES

Diterpa Isu Rangka ESAF, Penjualan Motor Honda Tahun 2023 Di Jakarta Dan Tangerang Naik 24 Persen

Diterpa Isu Rangka eSAF, Penjualan Motor Honda Tahun 2023 di Jakarta dan Tangerang Naik 24 Persen Honda Beat (Foto: AHM)

KabarOto.com - Tahun 2023, merek sepeda motor asal Jepang, Honda diterpa isu tak sedap. Pasalnya, konsumen mereka yang menggunakan beberapa produk matik dengan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) berkarat bahkan sampai patah. Namun, masalah itu tak menurunkan penjualan, di Jakarta dan Tangerang justru meningkat 24 persen, tercatat lebih dari 355 ribu unit. Angka ini naik dibanding tahun 2022 lalu.

Hal itu dinyatakan langsung oleh Head of Marketing WMS Olivia Widyasuwita, pencapaian ini berarti lebih tinggi hampir 24 persen dibandingkan pencapaian tahun 2022 yang mencatatkan angka 288 ribu unit.

Baca Juga: Isu Rangka ESAF Tak Berpengaruh, Honda Jual 459 Unit Motor Selama IMOS+ 2023

Honda Vario menjadi motor terlaris kedua tahun 2023 (Foto: Honda)

"Meningkatnya penjualan sepeda motor Honda di Jakarta-Tangerang mencerminkan makin tingginya kepercayaan konsumen terhadap brand motor Honda," jelasnya, dalam keterangan resmi. Kepercayaan ini merupakan tanggung jawab mereka, untuk terus memberi layanan terbaik, tak hanya penjualan, tapi juga aftersales.

Honda BeAT Sporty Series merupakan model yang paling laris, tahun lalu erjual lebih dari 130 ribu unit. Model kedua adalah Vario Series, terjual 77 ribu unit.

Main diler motor Honda Jakarta dan Tangerang ini mengalami growth penjualan yang signifikan. Salah satunya Scoopy yang naik lebih dari 66 persen dibanding tahun 2022, terjual lebih dari 68 ribu unit. Angka tersebut menunjukkan Scoopy menjadi model paling laris ketiga tahun 2023.

Baca Juga: Ini Hasil Investigasi Kemenhub Dan KNKT Terhadap Rangka ESAF Honda

Penjualan motor di Indonesia pada tahun 2023 secara umum mencatatkan angka penjualan sampai 6,2 juta unit, berdasarkan data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI). Sementara, tahun 2022 mencatatkan angka 5,2 juta unit. Ada kenaikkan sekitar Rp 1 juta unit.