POPULAR STORIES

Dominasi Kejuaraan Balap Tingkat Dunia Tahun 2023, Ini Kata CEO Ducati

Dominasi Kejuaraan Balap Tingkat Dunia Tahun 2023, Ini Kata CEO Ducati Ducati merayakan kemenangan di MotoGP Valencia (Foto: Ducati Indonesia)

KabarOto.com - Sejarah kembali terulang, kolaborasi tim Italia dengan para pembalap dari negeri tersebut menguasai kejuaraan dunia MotoGP 2023. Tak hanya itu, mereka juga mendominasi kejuaran balap di tingkat dunia. CEO Ducati pun angkat suara tentang pencapaian ini.

Fransesco Bagnaia yang mengendarai Ducati Desmosedici GP bersama tim Ducati Lenovo, menutup musim 2023 dengan podium pertama di Grand Prix Valencia, sekaligus mengunci gelar juara dunia dua musim berturut-turut.

Bagnaia memimpin klasemen akhir di depan dua rider Ducati lainnya yakni Jorge Martin (Prima Pramac) dan Marco Bezzecchi (VR46).

Baca Juga: Klasemen Akhir MotoGP 2023: Francesco Bagnaia Kunci Gelar Juara

Podium all-Ducati Riders di MotoGP menjadi rekor bagi Ducati, yang meraih kemenangan di semua kejuaraan balap dunia khususnya roda dua.

Selain kemenangan MotoGP, tim Ducati menyandingkan gelar juara WorldSBK, lewat juara bertahan Alvaro Bautista dan kesuksesan pertama Nicolò Bulega di WorldSSP. Ini membuktikan filosofi di Borgo Panigale terkait inovasi dan tolak ukur performa tanpa batas.

Francesco Bagnaia merayakan kemenangan di Valencia (Foto: Ducati Indonesia)

Benang merah yang menyatukan seluruh kesuksesan musim balap Ducati Corse terletak pada keunggulan teknik, yang mengantarkan Desmosedici GP, Panigale V4 R, dan Panigale V2 menjadi motor terbaik di grid pada kejuaraannya masing-masing.

Faktanya, perebutan gelar Juara Dunia tiga pembalap tersebut dipadukan dengan kemenangan tiga kali lipat di kategori pabrikan untuk Ducati dalam hal sinergi bakat, semangat, dan dedikasi pabrikan asal Italia.

Tidak ada pabrikan sepeda motor lain sebelum Ducati yang mampu memenangkan gelar Juara Dunia Pembalap dan Konstruktor di MotoGP dan WorldSBK selama dua musim berturut-turut.

Bagi Ducati, satu-satunya pabrikan non-Jepang yang mampu meraih gelar Juara Dunia di MotoGP, ini merupakan gelar pembalap ketiga dalam sejarahnya, sedangkan jumlah gelar juara dunia Superbike yang diraih pembalap asal Borgo Panigale adalah sebanyak 16 kali.

Claudio Domenicali, CEO Ducati mengatakan “Satu tahun yang lalu saya ingat bahwa bersama dengan para penggemar dari seluruh dunia kami merayakan gelar juara dunia MotoGP dan Superbike, diliputi oleh kegembiraan dan antusiasme".

Saat ini menurut dia, Ducati sedang berada dalam kondisi kebahagiaan yang luar biasa. "Namun pada saat bersamaan, saya ingin mendefinisikannya sebagai 'kemenangan kesadaran' untuk menjadi yang terbaik di dunia dalam balapan saat ini," terangnya.

Baca Juga: Hasil MotoGP Valencia 2023: Francesco Bagnaia Raih Gelar Juara MotoGP 2023

Pecco menurutnya, menjalani musim yang luar biasa, dia menulis ulang sejarah kami lagi, menjadi pebalap Ducati pertama yang menjadi Juara Dunia dua kali di MotoGP.