POPULAR STORIES

Donald Trump Tabuh Genderang Perang Pada Mobil Eropa

Donald Trump Tabuh Genderang Perang pada Mobil Eropa BMW Plant (Autonews)

KabarOto.com - Perang tarif dagang antara Amerika dan negara Uni Eropa tampaknya semakin memanas, hingga berimbas pada dunia otomotif.

Situasi ini dimulai dari pernyataan Presiden Donald Trump yang mengancam akan menaikkan tarif impor baja dan aluminium dari negara-negara Eropa ke Amerika Serikat.

"Jika Uni Eropa ingin meningkatkan tarif dan memberi hambatan kepada perusahaan Amerika yang berbisnis di sana, kami akan menerapkan pajak terhadap mobil-mobil mereka yang meluncur bebas di AS," kata Trump yang ia posting di akun Twitter pribadinya seperti dikutip dari The Washington Post, Senin (5/3/2018).

Baca Juga: BMW Seri 8 2019 Siap Masuk Jalur Produksi

Para pemimpin Uni Eropa pun dibuat geram, salah satunya adalah Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker yang menyatakan akan menerapkan tarif yang sama untuk impor motor Harley Davidson, jins Levi’s dan minuman keras dari AS.

"Saya tak suka menggunakan istilah perang dagang, namun saya tak bisa melihat ini bukan perilaku layaknya perang," jelas Juncker.

Sementara ini Eropa menempatkan tarif 10 persen untuk mobil impor, AS mengenakan 2,5 persen untuk mobil namun 25 persen pada truk dan kendaraan komersial lainnya.