Doyan Off-Road? Ini Hal Mendasar Yang Perlu Dipersiapkan

Doyan Off-Road? Ini Hal Mendasar yang Perlu Dipersiapkan Pastikan semua komponen standar dalam kondisi optimal (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Cabang motorsport otomotif ada banyak sekali, salah satu yang banyak penggemarnya adalah off-road. Itu pun masih terbagi dalam beberapa cabang seperti speed off-road dan adventure off-road. Kali ini akan dibahas apa saja yang diperlukan untuk pemula yang ingin mencoba olahraga adrenalin ini.

Sejatinya, tiap pengemudi off-road pasti ingin menaklukan setiap rintangan, namun jangan terburu-buru. I Wayan Siu Kumara dari workshop Wbar Custom di bilangan Rempoa, Tangerang Selatan punya solusinya.

“Siapkan mobilnya dulu, kalau saya boleh saran pakai yang range harga Rp 50-100 juta dan sudah enak ya pakai Ford Ranger generasi lama. Alasannya turbo diesel, bantingan sudah enak, enggak perlu banyak oprekan,” bukanya.

Foto: Istimewa

Wayan juga bilang mesti bisa sesuaikan medan dengan spesifikasi mobil tersebut. “Misalnya mau ekstrem, ya tinggal potong bak. Kalau mau sekadar merasakan adventure dan fitur 4x4-nya, sebenarnya dia sudah mumpuni. Asal perhatikan medan yang memungkinkan dan dapat ditoleransi oleh standar mobil ini,” jelas pemilik workshop spesialis bumper off-road itu.

Menurutnya, kenali dulu karakter trek yang ingin dilalui dan sesuaikan dengan modifikasinya agar tak mubazir. “Untuk awalnya, disarankan pemakaian winch pada bumper depan dan ban off-road sudah cukup. Kalau masih memakai mesin teknologi konvensional kayak jip lama, harus pintar siasati traksi dengan putaran mesin yang imbang dan mengetahui sudut dari medan yang dilalui dengan mobilnya,” imbuh sang punggawa Wbar Custom.

Foto: Istimewa

Pemilik workshop yang juga doyan main moge ini juga bilang kalau main off-road apalagi adventure enggak perlu takut selama fitur standar masih berfungsi dengan baik seperti sokbreker atau mesin.

“Selama masih ada rekan-rekan main bareng di trek, mobil penggerak roda belakang pakai winch pun enggak masalah, kalau bermasalah kan pasti ditolong dan winch tinggal difungsikan. Apalagi yang sudah punya fitur 4x4 dan pakai winch, aman kok” bilang pria berkacamata itu.

Untuk bujet modifikasi, Rp 10-20 juta menurut Wayan sudah cukup untuk menaklukkan medan adventure ringan dengan membeli ban M/T atau mud terrain dan winch.

“Harga dan merek sudah bervariasi sekarang, jadi konsumen tinggal pilih,” tutupnya. Tetap ingat safety ya, guys!