POPULAR STORIES

Doyan Trabas? Ketahui Cara Recovery Motor Jatuh Yang Baik Dan Benar

Doyan Trabas? Ketahui Cara Recovery Motor Jatuh yang Baik dan Benar Kipli, Astra Jateng, Forwot

KabarOto.com - Berkendara di jalur off-road memang menyenangkan dan memacu adrenalin bagi pecintanya, dari pemandangan dan treknya yang menantang.

Tak banyak diketahui, ada tata cara yang relatif penting untuk Sobat KabarOto, yakni recovery atau mendirikan motor yang terjatuh.

Jusri Pulubuhu selaku instruktur dari Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) membagikan resepnya dalam hal tersebut.

Baca juga: Trabas Off-Road Pakai Mobil 4x2 ? Enggak Haram, Ini Ketentuannya

"Pastikan memakai alat perlindugan diri atau safety gear yang lengkap, seperti helm, sarung tangan, sepatu off road, pelindung leher, dada, tangan, kaki, celana panjang dan jersey lengan panjang, ujarnya.

Ia mewanti untuk tidak langsung mendirikan motor ketika terjatuh, "karena keadaan rider cenderung masih syok, tunggu sampai kondisi pengendara stabil," imbuhnya.

Jusri, sapaan akrabnya mengatakan, pastikan mesin motor dalam keadaan mati atau off sebelum didirikan. "Jika terdiri dari rombongan, untuk memudahkan, minta bantuan pada teman atau pengendara lain untuk mengangkat motor," ujar pria berkulit putih tersebut.

Baca juga: Mantab, Ustadz Ini Trabas Trek Offroad Pakai Toyota Fortuner

Usahakan agar pengendara dan sang teman di kedua sisi motor yang berbeda untuk mengangkatnya, "kemudian Angkat motor dengan posisi tubuh membelakangi motor dan mendorong menggunakan otot kaki dan dibantu dengan kedua tangan, sementara itu teman pengendara di sisi berlawanan membantu menyeimbangkan," wantinya.

Ia menegaskan untuk menghindari mengangkat motor dalam kondisi punggung membungkuk untuk meminimalisir cedera. "Setelah motor berdiri, pastikan kondisi motor laik jalan, rider sudah fit kembali, baru bisa melanjutkan berkendara," tutupnya.