Trabas Off-Road Pakai Mobil 4x2 ? Enggak Haram, Ini Ketentuannya

Trabas Off-Road Pakai Mobil 4x2 ? Enggak Haram, Ini Ketentuannya Foto: Kipli

Kabar0to.com - Olahraga off-road zaman dahulu identik dengan pria yang berumur dan mapan, namun saat ini generasi milenial pun banyak yang suka dengan olahraga mobil yang beraksi diatas tanah ini.

Menurut Julian Johan selaku pembalap off-road, selain kelas lomba yang lebih bervariatif, kini banyak mobil yang bisa jadi opsi dengan harga dan modifikasi sesuai kemampuan sang off-roader.

"Ada adventure off-road sampai speed off-road, pokoknya sekarang banyak pilihannya, sama modif mobil juga lebih variatif, banyak juga mobil penggerak 2 roda atau 4x2 yang pengin ikut main," ungkap Jeje saat diwawancarai KabarOto.

Berbicara olahraga yang lazimnya didominasi dengan penggerak 4x4, menurut Jeje, rupanya banyak pemula yang ingin menjajal medan tanah dan lumpur dengan 4x2.

Baca Juga: Digemari Pembalap, Apa Keuntungan Pakai Sasis Tubular?

"Iya, asal diperhitungkan dari awal. Seperti jenis medannya apakah bisa dilalui penggerak dua roda atau enggak, kita harus survey juga apa tingkat kesulitan medan yang dilaluinya sulit atau cenderung enteng," lanjutnya.

Bukan soal libas treknya saja, karena kita juga harus mikir persiapan dari awal sampai selesai selama kita off-road.
Apalagi kalau bakal menginap di tengah trek saat adventure, "Jangan sampai karena kekurangan persiapan malah bikin susah diri sendiri dan orang lain," imbuh pemukim kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat itu.

Soal modifikasi, Jeje bilang enggak perlu repot-repot memikirkan yang terlalu berat, karena menurutnya, modifikasi untuk mobil off-road baiknya hanya dilakukan jika berguna untuk membantu Sobat KabarOto untuk menyelesaikan perjalanan.

"Apalagi kalau libas sebatas trek yang bisa dilalui mobil 4x2, itu modal ganti ban off-road juga cukup banget, enggak perlu modifikasi terlalu berlebihan," tutupnya.