POPULAR STORIES

Dua Fitur Ini Tak Digunakan Di New Daihatsu Ayla

Dua Fitur Ini Tak Digunakan di New Daihatsu Ayla All New Daihatsu Ayla (Foto: Kipli)

KabarOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan generasi Ayla terbaru beberapa waktu lalu, beragam tipe dan harga pun menyesuaikan dengan fitur-fitur yang diusungnya. Namun ada fitur yang tidak digunakan pada New Daihatsu Ayla, namun ada di model lain, apa itu?

New Daihatsu Ayla secara keseluruhan memiliki 9 varian, harganya pun beragam, Ayla 1.0 M MT Rp 134 juta, 1.0 X MT Rp 146,9 juta (1.0 X MT), 1.0 X CVT Rp 166,9 juta, 1.2 RMT Rp 164 juta, 1.2 R CVT Rp 184 juta, 1.2 R ADS MT Rp 169,9 juta, 1.2 R ADS CVT Rp 189,9 juta, 1.0 X ADS MT Rp 152,8 juta dan 1.0 X ADS CVT Rp 172,8 juta.

Fitur yang luput pada mobil ini, saat KabarOto menjajal nya adalah keselamatan untuk bayi di jok belakang, yakni ISOFIX atau komponen pendukung pemasangan child seat. Rupanya PT ADM memiliki alasan tersendiri tentang absennya fitur tersebut.

Baca Juga: Daihatsu All New Ayla Direkomendasikan Pakai Pelumas 0W-16

"

Jika mau dipasang ISOFIX itu memang mudah, menurut kami, kendaraan ini hadir kan berdasarkan riset pasar yang lebih condong ke harga. Jadi, konsekuensinya, setiap ada penambahan fitur pasti akan ada penambahan biaya," ujar Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu, Hendrayadi Lastiyoso.

Menurut Hendra, sapaan akrabnya, fitur tersebut kita sesuaikan dengan segmen dan kemampuan target konsumen juga. "Karena rata-rata konsumennya memang menyasar kaum transisi dari roda 2 ke roda 4, itu juga berdasarkan hasil riset kami," tambahnya.

Padahal, secara logika, segmen Ayla memang ditujukan untuk konsumen keluarga muda, namun fitur ISOFIX yang absen untuk anak-anak balita rasanya memang jadi faktor yang mengurangi esensi dari mobil itu.

Baca Juga: ADM Nyatakan, Daihatsu Ayla Tak Terlibat Skandal Manipulasi Uji Tabrak

Fitur lainnya yang juga absen adalah adjustable head rest pada jok penumpang belakang. Alasannya, berdasarkan hasil riset pasar, penumpang belakang lebih banyak anak kecil, dan target mereka keluarga muda.

"Tdak membutuhkan head rest yang terlalu tinggi. Jadi walaupun head rest seperti itu tidak begitu masalah, karena sesuai dengan hasil riset pasar untuk kendaraan ini," tutupnya.