POPULAR STORIES

ADM Nyatakan, Daihatsu Ayla Tak Terlibat Skandal Manipulasi Uji Tabrak

ADM Nyatakan, Daihatsu Ayla Tak Terlibat Skandal Manipulasi Uji Tabrak skandal manipulasi uji tabrak Daihatsu Ayla tak sampai ke Indonesia (Kipli/ ADM)

KabarOto.com - Daihatsu Ayla yang beredar di Indonesia ditegaskan aman untuk dikendarai. Pernyataan itu dilontarkan Sri Agung Handayani selaku Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor.

Hal tersebut terkait manipulasi data uji tabrak yang dialami Ayla di Negeri Jiran. Agung pada kesempatan itu berkali-kali menjelaskan, hal itu tidak ada sangkut-pautnya dengan unit yang dipasarkan di Indonesia.

Baca Juga: Ini Alasan All New Daihatsu Ayla Menggunakan Mesin 3 Silinder

Menilik kasus tersebut, manipulasi terjadi pada data uji tabrak bodi samping yang dilakukan Daihatsu Motor Corporation, antara lain untuk Toyota Yaris Ativ di Thailand dan Perodua Axia di Malaysia.

Sebagai info tambahan, nama Yaris Ativ merupakan Vios versi Thailand, sedangkan Axia adalah Ayla versi Malaysia. Hal tersebut rupanya membuat PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), perlu meluruskan informasi tersebut.

Baca Juga: Transmisi Huruf B Di Daihatsu Ayla Anyar, Ternyata Ini Kegunaannya

“Sekali lagi, kami pastikan untuk produksi Daihatsu di Indonesia tidak terdampak sama sekali. Jadi, tetap bisa berkendara dengan Daihatsu dengan aman dan nyaman. Jadi, tidak ada isu (manipulasi data),” terang dia kepada media, belum lama ini.

Agung menambahkan, setiap mobil yang dijual di Indonesia harus melalui proses homologasi dari pemerintah Tanah Air, tentunya dengan keamanan dan keselamatan sesuai regulasi.

“Kalau kita mengeluarkan mobil di Indonesia itu sudah memenuhi semua yang disyaratkan dalam proses homologasi. Jadi, sekali lagi, kewajiban itu sudah kami penuhi, jika tidak lolos, tidak akan dipasarkan,” tandas Agung.