POPULAR STORIES

Ini Alasan All New Daihatsu Ayla Menggunakan Mesin 3 Silinder

Ini Alasan All New Daihatsu Ayla Menggunakan Mesin 3 Silinder 3 silinder dengan getaran yang telah diperbaiki (Kipli)

KabarOto.com - Seperti yang Sobat Ketahui dari berita KabarOto sebelumnya, All New Daihatsu Ayla mengalami sejumlah update, salah satunya adalah mesin. Sebelumnya menggunakan model 4 silinder berkapasitas 1.200 cc, kini dengan kapasitas yang sama namun model 3 silinder.

Anjar Rosjadi selaku Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor (ADM), pun angkat bicara saat ditemui di Yogyakarta, Jawa Tengah (12/03). Peralihan mesin 4 silinder ke 3 silinder yang digunakan Ayla anyar tersebut bertujuan untuk melakukan efisiensi dan performa yang lebih baik.

Secara teknis, Anjar, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa mesin 3 silinder memiliki desain dan bobot lebih ringkas dari mesin 4 silinder. Selain itu, isu getaran yang lazim terjadi di mesin 3 silinder pada umumnya bahkan di Ayla, Ia bilang telah direvisi.

Baca Juga: Daihatsu Umumkan Kenaikan Penjualan 22,6% Di Kuartal Pertama 2023

"Performa dasar (mesin 3 silinder) yang kita incar adalah kenyamanan, efisiensi tanpa mengorbankan performanya," buka Anjar kepada wartawan di sela-sela kegiatan test drive All New Daihatsu Ayla tersebut.

Ia menambahkan, secara keseluruhan, getaran yang dirasakan sekarang memang masih ada. "Namun (getaran) lebih berkurang, dan efisiensi bahan bakarnya lebih bagus. Teknisnya bobot lebih ringan, akhirnya perbandingan bobot dan tenaga bisa memberikan efisiensi yang lebih baik," jelasnya.

Baca Juga: Daihatsu Resmikan Pabrik Ramah Lingkungan Di Karawang

Sebagai informasi, spesifikasi mesin yang digunakan dicangkok dari Daihatsu Rocky, yakni 3 silinder berkapasitas 1.200 cc. Mesin berkode WA-VE, tersebut mengusung teknologi Dual VVT-i 12 katup, yang klaimnya bisa menghasilkan tenaga maksimal 86,7 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 113 Nm pada 4.500 rpm.

Sedangkan, mesin Daihatsu Ayla generasi sebelumnya berkonfigurasi 4 silinder DOHC berkapasitas 1.200 cc dengan kode 3NR-VE yang bisa menghasilkan tenaga 86,5 dk dan torsi puncak 107,6 Nm.