POPULAR STORIES

Dua Ruas Tol Baru Siap Beroperasi Hubungkan Kawasan Produktif

Dua Ruas Tol Baru Siap Beroperasi Hubungkan Kawasan Produktif

KabarOto.com - Dua ruas jalan tol baru di luar Pulau Jawa siap beroperasi. Pertama adalah ruas tol Banda Aceh-Sigli seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang, sepanjang 14 km. Kedua yaitu Manado-Bitung seksi 1 Manado-Airmadidi dengan panjang yang sama, serta ruas seksi 2 hingga Kauditan sepanjang 7 km.

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Tol Jakarta-Cikampek Dilakukan Perbaikan, Pengendara Diimbau Lebih Waspada

Adanya ruas tol Banda Aceh ke Sigli maka akan memangkas waktu perjalanan dari sekitar 2-3 jam, hanya menjadi 1 jam saja. Pasalnya, sebelum ada tol masyarakat harus melewati kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan.

Sedangkan ruas tol Manado-Bitung memiliki lima simpang susun (SS), yaitu SS Manado, SS Air Madidi, SS Kauditan, SS Danowudu, dan SS Bitung. Waktu tempuh sebelumnya dari Manado ke Bitung mencapai 1,5 sampai 2 jam. Adanya ruas tol baru ini bisa ditempuh lebih cepat hanya memerlukan waktu 30-45 menit. Tak hanya pangkas waktu, risiko kecelakaan lalu lintas di jalan arteri juga diharapkan berkurang.

Baca Juga: Tol Jagorawi Kembali Dilakukan Pemeliharaan, Pengguna Jalan Harap Berhati-hati

Ruas tol Manado-Bitung dibangun dalam dua sesi, yaitu Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi hingga Kauditan sepanjang 21 km. Selanjutnya Seksi 2 Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km.

Saat ini Seksi 2 segmen 2A Airmadidi-Danowudu masih dalam tahap pembangunan dimana progresnya telah mencapai 98,22 persen. Diperkirakan ruas tol ini akan selesai Juli 2020 dari Airmadidi-Kauditan, sementara Kauditan-Danowudu berkisar September 2020.