POPULAR STORIES

Dua Seri Kejuaraan Dunia Motocross MXGP 2023 Digelar Di NTB

Dua Seri Kejuaraan Dunia Motocross MXGP 2023 Digelar di NTB Ilustrasi: Crosser binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) tunjukkan performa impresif di Motocross Grand Prix (MXGP) 2022, Samota, Nusa Tenggara Barat (AHM)

KabarOto.com - Dua seri Kejuaraan Dunia Motocross Grand Prix (MXGP) 2023 dipastikan akan digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB) 23-25 Juni 2023 di Sirkuit MXGP Samota, Sumbawa, serta pada 1-2 Juli 2023 di Sirkuit MXGP Selaparang, Lombok. MXGP 2023 akan diikuti sekitar 14 tim dengan 23 pembalap dari berbagai negara dunia seperti Prancis, Spanyol, Italia, Jerman, serta Inggris Raya.

Kepercayaan menyelenggarakan dua seri MXGP tersebut tidak lepas karena keberhasilan NTB menyelenggarakan MXGP Samota, Sumbawa pada tahun 2022 lalu.

Telah mendatangkan lebih dari 40 ribu penonton, serta menghasilkan perputaran uang di NTB mencapai Rp 154,03 miliar.

Baca Juga: Test Ride Viar Cross X 250 ES - Trail Lokal Rasa Special Engine

"Selain MXGP, NTB juga siap menyelenggarakan Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) yang akan diadakan pada 6-9 Juli 2023, sebagai event post MXGP 2023," ujar Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Ilustrasi (foto : MXGP)

Penjualan tiket MXGP 2023 di kedua sirkuit tersebut bisa dipesan melalui berbagai platform, salah satunya melalui www.bostixx.com. Tiket terbagi atas berbagai kelas. Di antaranya, kelas festival Rp 50 ribu selama 2 hari; paddock Rp 200 ribu untuk 2 hari; VVIP Rp 4 juta untuk dua hari; dan VIP Rp 3 juta untuk dua hari.

Sirkuit MXGP Selaparang, Lombok yang akan digunakan pertama kalinya untuk menyelenggarakan MXGP, berlokasi di eks Bandara Selaparang. Memiliki panjang 1.600 meter, lebar 500x144 meter dengan tekanan angin yang sedang.

Baca Juga: Delvintor Alvarizi Dan Nuzul Ramzidan Harumkan Astra Honda Racing Team Di Podium Balap IndoMX

Sirkuit ini juga memiliki 16 tikungan dan beberapa area jumping. Karena berada di lokasi eks Bandara Selaparang, menjadikan sirkuit ini memiliki luas yang cukup untuk menampung parkir kendaraan penonton.

"NTB memiliki tiga sirkuit internasional yang dapat menyelenggarakan tiga event balap motor dunia. Yakni World Superbike dan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, serta MXGP di Sirkuit MXGP Samota, Sumbawa dan Sirkuit MXGP Selaparang, Lombok," jelas Bamsoet.