POPULAR STORIES

Ducati Monster 2021, Berubah Total!

Ducati Monster 2021, Berubah Total! Sumber Foto : Ducati

KabarOto.com – Pada akhir tahun 2020, pabrikan motor asal Italia, Ducati meluncurkan dua produk anyar yaitu Ducati Monster dan Ducati Monster+.

Kedua motor tersebut, dari pihak pabrikan memberikan banyak perubahan mulai dari segi desain, fitur dan sasis baru. Karena menggunakan sasis baru, alhasil bobot Ducati Monster terbaru ini lebih ringan.

Baca Juga : Ducati SuperSport 950 Terbaru, Apabila Panigale V4 Terlalu Kuat

Dari segi tampilan, lampu bulat khas Monster masih diterapkan namun lebih modern karena sudah menganut teknologi LED proyektor dengan DRL bulat LED dan lampu sein yang terletak di bagian fairing samping ini juga sudah LED.

Lalu, Ducati Monster 2021 ini meninggalkan frame atau rangka legendaris khas Ducati yaitu frame teralis. Generasi terbaru Ducati Monster dan Monster+ menggunakan sasis baru monokok seperti saudara di kelas fairing yakni Ducati Panigale.

Selain itu, penggunaan lengan ayun baru milik Ducati Multistrada V4. Tak hanya mengubah desain dan frame teralis, posisi berkendara Ducati Monster juga ada penyesuaian. Jika dulu pengendara terkesan menunduk, kini posisinya sedikit lebih tegak. Hal ini terjadi karena penggunaan setang yang diletakkan ke belakang sebanyak 70 mm dengan pijakan terletak 10 mm lebih rendah dan 35 mm lebih jauh ke depan.

Ducati Monster+ 2021 warna Ducati Red

Baca Juga : Inilah Tata Cara Touring Buatan Ikatan Motor Indonesia

Bicara soal performa, Ducati Monster dan Moster+ mengandalkan mesin baru yaitu Ducati Testastretta 110 dengan kapasitas 937 cc V-twin yang mampu menghasilkan tenaga 111 dk dengan torsi 93 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi manual 6 percepatan yang memiliki fitur anti-slip dengan quickshifter up & down. Tenaga mesin ini tentu lebih besar 2 dk dari generasi sebelumnya.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan teleskopik 43 mm lansiran KYB, sementara belakang monoshock buatan Sachs yang dapat diatur redamannya sesuai keinginan. Lalu, penggunaan pelek model baru berdesain multipalang 17 inci ini lebih ringan dan dibalut ban Pirelli Diablo Rosso 3 dengan ukuran 120/70 untuk depan dan belakang 180/55. Berkat kebaruan penggunaan sasis, lengan ayun dan pelek lebih ringan, alhasil motor ini bobotnya hanya 187 kg lebih ringan 18 kg dari model sebelumnya.

Untuk mengimbangi performa, rem depan dengan dual cakram ukuran 320 mm ini disandingkan kaliper Brembo M4.32 Monoblock 4 piston. Sementara belakang andalkan cakram tunggal 245 mm dengan kaliper 2 piston lansiran Brembo. Sistem pengereman ini tentu sudah didukung dengan ABS Cornering.

Baca Juga : Tim Haas Ajak Anak Michael Schumacher Balapan Formula 1 Musim 2021

Tampilan instrumen kluster Ducati Monster 2021

Dalam keadaan standar, motor ini memiliki tiga riding mode yaitu Sport, Touring dan Urban. Ducati Monster 2021 hadir dalam dua pilihan warna yaitu Ducati Red dan Dark Stealth dengan pelek warna hitam atau Aviator Grey. Untuk varian Monster+ terdapat flyscreen kecil dan jok tunggal sebagai pilihan standar.

Bicara soal harga, Ducati Monster 2021 dibaderol US$11.895 atau setara Rp 168 jutaan, sementara untuk Ducati Monster+ 2021 dibanderol US$12.195 atau setara Rp 172 jutaan. Jadi bagaimana Sob tertarik?