POPULAR STORIES

Ducati Streetfighter V4, Versi Naked Dari Panigale V4

Ducati Streetfighter V4, Versi Naked dari Panigale V4

KabarOto.com - Pabrikan motor asal Italia yaitu Ducati, kembali luncurkan motor terbarunya. Kali ini motor yang diluncurkan adalah sebuah motor bertipe naked. Bernama Ducati Streetfighter V4. Motor ini merupakan versi naked, dari Ducati Panigale V4. Ada dua varian yang meluncur, yaitu tipe Streetfighter V4 dan V4S. Meskipun tidak banyak perbedaan pada kedua varian ini.

Secara desain, Ducati Streetfighter V4 ini tampil gahar. Dengan warna merah menyala, bodi yang tidak terbungkus fairing khas gaya naked bike berkesan macho.

Bagian lampunya terlihat sangar, desain batok lampu yang tajam. Berpadu dengan lampu LED membentuk seperti huruf V. Juga terdapat detail-detail di bagian lampunya. Seperti semacam saluran udara kecil di bagian batok lampunya.

Baca juga: Test Ride Ducati Scrambler Sixty2 400 - Lincah Untuk Digunakan Harian

Ada sedikit perbedaan antara varian V4 dengan V4S, meskipun sama-ama menggunakan sokbreker model upside down. V4 menggunakan sokbreker 43 mm Big Piston dari Showa, sementara untuk V4S menggunakan Ohlins NIX30. Untuk bagian peleknya, V4 menggunakan pelek multipalang biasa. Sementara varian V4S sudah menggunakan pelek Marchesini. Untuk ban sama-sama dibalut ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II berukuran 120/70, dengan sistem pengereman menggunakan kaliper monoblok Brembo Stylema.

Dilihat dari depan, motor ini juga terlihat padat. Berkat penggunaan radiator yang berukuran besar ala motor balap. Motor ini telah dibekali sistem-sistem canggih, ditujukan untuk mengatur tenaga buasnya. Seperti misalnya ABS Cornering EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO 2, Ducati Slide Control (DSC), Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Power Launch (DPL), Ducati Quick Shift up/down (DQS) EVO 2, Engine Brake Control (EBC) EVO, Ducati Electronic Suspension (DES) EVO.

Fitur-fitur tersebut dapat diatur melalui tombol-tombol pengaturan di setang. Serta layar TFT berukuran 5 inci di bagian tengahnya. Tidak ketinggalan, fitur cukup penting yaitu sebuah streering damper dari Sachs untuk V4, untuk V4S menggunakan merek Ohlins.

Dilihat dari samping, aura gahar motor ini semakin terasa. Tidak hanya gahar, melainkan juga terlihat sangat aerodinamis. Motor ini telah dilengkapi dengan semacam winglet untuk aerodinamika. Persis dengan saudaranya yaitu Panigale V4. Winglet ini juga dapat menyalurkan udara secara lebih banyak ke radiator. Sehingga dapat meringankan kinerja radiator, dalam mendinginkan mesin.

Untuk tangkinya, seperti yang dilansir dari Ultimate Motorcycling. Ducati Streetfighter menggunakan tangki yang sama dengan Panigale V4. Tangki aluminium ini juga memiliki kapasitas 15,8 liter. Meskipun bentuknya mirip, ada sedikit perubahan di tangki ini. Untuk Ducati Streetfighter V4 ini bagian bawah tangkinya sedikit dimodifikasi, supaya joknya bisa lebih tebal dan lebih nyaman.

Baca juga: Test Ride - New Ducati Monster 821 2019, Si Legendaris Pengabdi Torsi

Bagian knalpotnya dibuat model underbelly, bagian kaki-kaki belakangnya juga dibuat dengan gaya single arm. Berpadu dengan suspensi adjustable dari Sachs untuk V4, dan Ohlins TTX untuk. Peleknya, V4 menggunakan multipalang biasa, sementara untuk V4S menggunakan Marchesini. Berpadu dengan ban dari Pirelli Diablo Rosso Corsa II, berukuran 200/60.

Jantung mekanis Ducati Streetfighter V4 mengandalkan mesin berkubikasi 1.103 cc Desmosedici Stradale. Berkonfigurasi V4 dengan kemiringan sudut 90°. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga maksimal hingga 208 dk @ 12.750 rpm, dengan torsi maksimal 123 Nm at 11.500 rpm.

Tenaga mesin ini masih dapat dipompa lebih besar lagi, hanya dengan mengganti knalpot full-system dari Akrapovi? untuk Streetfighter V4. Tenaganya dapat dipompa hingga mencapai 220 dk, serta torsi maksimal 130 Nm. Penggantian knalpot ini juga dapat mengurangi bobot sebanyak 6 kg.

Tenaga sebesar itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan. Yang telah dilengkapi dengan fitur slipper clutch serta Ducati Quick Shift. Sehingga penyaluran tenaga dan pergantian giginya menjadi semakin maksimal.

Dilansir dari Autoblog, Ducati Streetfighter V4 harganya dimulai dari EUR 16.000. Atau jika konversikan ke mata uang kita, akan menjadi sekitar Rp 249 juta. Motor ini juga baru akan meluncur di awal tahun 2020 nanti.

Wah, semoga motor ini cepat masuk ke Indonesia ya. (Gregorius Nikolaus.P)