Test Ride Ducati Scrambler Sixty2 400 - Lincah Untuk Digunakan Harian

Test Ride Ducati Scrambler Sixty2 400 - Lincah untuk Digunakan Harian Foto: Fayon MP - Kipli

KabarOto.com - Ducati menghidupkan kembali motor bergaya retro yang sempat berjaya di tahun 1960-an silam. Ya, saat pabrikan Italia ini mengumumkan kelahiran kembali Scrambler banyak pecinta motor retro yang tak sabar untuk meminangnya.

Ducati kini menghadirkan 5 varian dari Scrambler yaitu Sixty2 400, Icon, Dessert Sled, Full Throttle, dan Café Racer. KabarOto berkesempatan mencicipi seperti apa Ducati Scrambler Sixty2 yang diimpor langsung oleh PT Cakra Motor Sports selaku agen resmi Ducati di Tanah Air.

Sixty2 terinspirasi gaya hidup anak muda saat ini, skateboard, street food, musik pop dan semua itu seakan kembali ke jaman kejayaan musik pop di tahun 1962 (tahun pertama Ducati Scrambler diluncurkan). Pembeda yang paling utama antara Sixty2 dengan Scrambler 800 adalah kapasitas mesinnya.

Ducati membekali Scrambler Sixty2 dengan mesin kecil yaitu 399 cc yang memang disesuaikan untuk pasar Asia atau konsumen yang ingin naik kelas memiliki Ducati. Bisa dibilang inilah entry level dari Ducati.

Baca juga: Ducati Scrambler Indonesia Gelar Latihan Bersama Di BSD Jelang TnT Cup Race

Desainnya retro modern, tampilan klasik masih dipertahankan namun dipadukan dengan aura modern agar tetap tampil kekinian. Bodinya ramping dengan ciri khas tangki bensin yang masih sama seperti Scrambler generasi awal.

Setang lebar dan tinggi serta ban ‘dual purpose’ belakang menggunakan ukuran 160/60 x 17 inci dan ban depan 110/10 x 17 semakin menguatkan aura Scrambler-nya. Posisi duduknya pun ‘aman’ untuk postur Asia seperti orang Indonesia.

Fiturnya tidak terlalu istimewa, semua dibuat sesuai kebutuhan. Seperti lampu depan yang bergaya bulat klasik namun dikelilingi LED untuk mempermanis tampilannya. Kemudian suspensi depan masih mengandalkan teleskopik biasa berdiameter as 41 mm, sedangkan versi 800 cc-nya sudah dibekali dengan upside down.

Lengan ayun ‘banana’ berbahan baja didukung dengan suspensi belakang. Sedang dari sisi pengereman, depan cakram berdiameter 320 mm dengan kaliper Brembo 2 piston, belakang 245 mm dengan kaliper Brembo 1 piston. Untuk keselamatan, Scrambler Sixty2 ini sudah dibekali ABS, yang bisa dimatikan melalui menu yang ada di spidometer.

Baca juga: Wakili Ducati Indonesia, Yuk Intip Keseruan Ade Habibie Riding Di Thailand