Duh, Sebastian Vettel Didiskualifikasi Dari F1 Hungaria

Duh, Sebastian Vettel Didiskualifikasi dari F1 Hungaria

KabarOto.com – Sebastian Vettel (Aston Martin) alami nasib sial di GP Hungaria (1/8). Bagaimana tidak? Sudah bangga menempati posisi kedua, Vettel harus menerima dirinya didiskualifikasi dari balapan akibat masalah sisa bahan bakar.

Menurut peraturan, setiap pembalap harus memiliki setidaknya 1,0 liter bahan bakar untuk diambil sampel. Namun mobil Vettel saatg disedot dari tangki hanya mampu mengeluarkan sebanyak 0,3 liter saja, padahal pihak Steward sudah memberikan kesempatan Aston Martin memompa bensin dari tangki ataupun injektor.

“Mengingat situasi ini, mobil No. 5 tidak memenuhi persyaratan Pasal 6.6 Peraturan Teknis FIA. Menurut Pasal 6.6.2, pesaing harus memastikan bahwa sampel bahan bakar 1,0 liter dapat diambil dari mobil setiap saat,” ujar pernyataan resmi F1.

Baca Juga : F1 Hungaria Hadirkan Banyak Drama, Esteban Ocon Raih Kemenangan Pertamanya

"Pesaing diingatkan bahwa mereka memiliki hak untuk mengajukan banding atas keputusan Steward tertentu, sesuai dengan Pasal 15 Kode Olahraga Internasional FIA dan Pasal 10.1.1 Peraturan Peradilan dan Disiplin FIA, dalam batas waktu yang berlaku."

Itu berarti, seluruh pembalap di belakang Vettel juga naik masing-masing satu peringkat, dengan Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) naik dari P11 ke posisi poin terakhir P10 mengemas 1 poin hiburan untuk tim. Dan Lewis Hamilton (Mercedes) berada di P2, di mana akhirnya ia menyalip posisi pertama klasemen dengan total 192 poin.

Aston Martin juga mencurahkan kekecewaannya di Twitter “Kehilangan 18 poin mengecewakan bagi tim, tetapi itu tidak menghilangkan semangat sempurna dari Sebastian. Hari ini kami menunjukkan bahwa mobil kami memiliki kecepatan balapan yang kuat.”