POPULAR STORIES

F1 Hungaria Hadirkan Banyak Drama, Esteban Ocon Raih Kemenangan Pertamanya

F1 Hungaria Hadirkan Banyak Drama, Esteban Ocon Raih Kemenangan Pertamanya

KabarOto.com – Balapan Formula 1 di Hungaria yang berlangsung pada Minggu kemarin (1/8) menghadirkan banyak drama. Bahkan hanya 14 pembalap dari total 20 peserta balap yang berhasil menyelesaikan lomba. Sekaligus menelurkan juara baru yakni Esteban Ocon (Alpine).

Sirkuit Hungaroring yang beberapa hari ini panas, justru diguyur hujan. Drama terjadi sejak lap awal, dimana Valtteri Bottas (Mercedes-AMG Petronas) menabrak bagian belakang mobil Lando Norris (McLaren).

Norris yang kehilangan kontrol pun menabrak Max Verstappen (Red Bull Racing), beruntung pembalap Belanda itu bisa melanjutkan balapan dan finis diposisi 10.

Baca juga: Detail Desain Red Bull Racing Bisa Untungkan Balapan Di Sirkuit Hungaroring

“Tim memeriksa semuanya dan melihat banyak kerusakan pada bagian lantai, kami mengembalikan mobil ke garasi dan kemudian kami melepas penutupnya, semuanya rusak,” jelas Norris yang harus menyelesaikan balapan lebih awal.

Sementara Bottas yang sudah rusak bagian depan roda kirinya justru menabrak mobil milik Sergio Perez (Red Bull Racing). “Saya memiliki awal yang buruk. Roda keluar jalur, dan kehilangan grip, dan kemudian mengerem di tikungan pertama, saya tepat di belakang Lando Norris. Jadi mungkin jarak sedekat itu saya tidak menghitung dengan tepat titik pengereman, dua roda mengunci, menabrak Lando Norris dan kemudian berantakan,” ujar Bottas.

Sergio Perez dan Red Bull Racing juga akan dibuat pusing, karena dikhawatirkan mesin dari RB16B milik Perez rusak akibat hantaman keras itu. Pasalnya ia juga akan terkena penalti grid nantinya di seri berikutnya, serta telah menggunakan dua dari tiga mesin yang ada, dan beberapa komponen lain seperti kontrol elektronik dan penyimpanan energi. “Ini sangat disayangkan, ini merupakan pukulan besar bagi tim tetapi kami juga kehilangan mesin yang sangat mungkin jadi tidak ideal," ungkap Perez.

Tidak hanya itu, secara bersamaan Lance Stroll (Aston Martin) juga menabrak mobil milik Charles Leclerc (Ferrari). Dari sisi dalam Stroll kehilangan kontrol dan menabrak bagian sisi kanan mobil Leclerc. Akibat insiden itu, kedua mobil terseret yang imbasnya terkena Daniel Ricciardo (McLaren) harus berputar arah. Mengakibatkan keduanya harus mundur lebih awal di Sirkuit Hungaroring.

Baca juga: Alpine Fokuskan Pengembangan Pada Mobil 2022

“Saya tidak tahu harus berkata apa, di sebagian besar insiden saya bisa mengerti setiap kali ada pandangan berbeda tentang insiden, tetapi saya pikir hari ini sangat jelas dan saya berada di jalur, dan hanya Lance yang menabrak saya di tengah dari sudut luar entah dari mana,” tambah Leclerc.

Sementara Stroll menjelaskan bahwa jalan licin jadi penyebab utama, “Itu benar-benar rumit, sangat licin dan ya saya mencoba menghindari mobil di depan dan itu hanya bencana. Ini sangat membuat frustrasi," tegas Stroll.

Serta satu pembalap lagi yang keluar adalah Nikita Mazepin (Haas), kecelakaan konyol pada lap keenam menimpa dirinya yang baru ingin keluar pit lane. Ia menabrak mobil Kimi Raikkonen (Alfa Romeo), sehingga mengalami kerusakan di bagian roda depan sebelah kanan.

Posisi NO DRIVER TIM LAPS WAKTU POIN
1 31 Esteban Ocon ALPINE RENAULT 70 2:04:43.199 25
2 5 Sebastian Vettel ASTON MARTIN MERCEDES 70 +1.859s 18
3 44 Lewis Hamilton MERCEDES-AMG PETRONAS 70 +2.736s 15
4 55 Carlos Sainz FERRARI 70 +15.018s 12
5 14 Fernando Alonso ALPINE RENAULT 70 +15.651s 10
6 10 Pierre Gasly ALPHATAURI HONDA 70 +63.614s 9
7 22 Yuki Tsunoda ALPHATAURI HONDA 70 +75.803s 6
8 6 Nicholas Latifi WILLIAMS MERCEDES 70 +77.910s 4
9 63 George Russell WILLIAMS MERCEDES 70 +79.094s 2
10 33 Max Verstappen RED BULL RACING HONDA 70 +80.244s 1