POPULAR STORIES

Dukung Pengembangan Mobil Listrik, Pertamina Hadirkan Fasilitas Pengisian Baterai

Dukung Pengembangan Mobil Listrik, Pertamina Hadirkan Fasilitas Pengisian Baterai Green Energy Station (GES) yang baru saja di resmikan di SPBU COCO Pertamina, Kuningan Jakarta Selatan

KabarOto.com - Pertamina siap menghadapi disruption business dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak kearah kendaran listrik. Pertamina menghadirkan fasilitas pengisian baterai untuk kendaraan listrik dalam rangka mengembangan Ekosistem Bisnis Kendaraan Listrik kedepan.

Salah satunya adalah Green Energy Station (GES) yang baru saja di resmikan di SPBU COCO Pertamina, Kuningan, Jakarta Selatan. GES memiliki 3 konsep utama, yang pertama Konsep GES memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di area SPBU.

Baca Juga: Isi Baterai Kendaraan Listrik Di Charging Station BPPT Hanya 30 Menit

Kedua, Konsep Future yang memiliki EV Charging Station. Dan yang ketiga menurut Nicke adalah Konsep Digital yaitu MyPertamina yang menjadikan pembayaran di SPBU cashless serta adanya self-service.

"Kedepan GES diproyeksikan akan menjadi tempat untuk pengisian baterai EV serta tempat untuk swapping baterai yang didedikasikan untuk sepeda motor listrik kecil," ujar Nicke.

Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati Meresemikan GES

Pilot project GES yang ada di SPBU terdapat 4 unit charging station dimana 2 unit merupakan tipe fast charging yang mampu mengisi penuh baterai kendaraan listrik dalam waktu kurang dari 15 menit dan 2 unit merupakan tipe normal charging.

Baca Juga: Charging Station BPPT Hasil Kolaborasi Tenaga Listrik PLN Dan Tenaga Surya

Dalam pengembangan konsep tersebutmenurut Nicke, Pertamina mendapatkan dukungan penuh dari berbagai sektor mulai dari Pemerintah melalui Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian, serta sinergi BUMN dengan Telkom dan PLN, Lembaga Pendidikan melalui UI.

Selain itu dukungan juga diberikan oleh pelaku bisnis kendaraan listrik BMW, Toyota, Mitsubishi, dan Gesits serta pelaku bisnis charging station Bosch. "Seluruh pihak berada dalam satu visi yang sama untuk menghadirkan suatu ekosistem energi masa depan terbaik untuk Indonesia," tambah Nicke.