POPULAR STORIES

E-Zero Concept, Wujud Konsep Hypercar McLaren Bermesin Listrik

E-Zero Concept, Wujud Konsep Hypercar McLaren Bermesin Listrik

KabarOto.com – McLaren sebagai produsen hypercar dari Inggris tengah mengerjakan mobil berperforma tinggi dengan hanya mengandalkan tenaga dari listrik sepenuhnya, sementara jadwal akan diluncurkannya mobil hypercar listrik ini masih belum diungkapkan secara resmi.

Seorang desainer bernama Daniel Platek mencoba untuk menggambarkan wujud hypercar listrik McLaren melalui sebuah konsep. Mobil konsep E-Zero terinspirasi dari desain mobil McLaren M6GT lansiran 1969, merupakan mobil pertama yang ditujukan untuk dikendarai di jalan umum dan dibangun berbasis sasis mobil balap M6B.

McLaren M6 adalah mobil balap yang dikembangkan oleh pembalap Bruce McLaren bersama timnya Bruce McLaren Motor Racing, model ini digunakan untuk kompetisi balap Can-Am tahun 1967.

Baca juga: Jonfis Fandy Mundur, Honda Prospect Motor Ubah Jajaran Direksi

Namun, model M6 digunakan untuk pengembangan mobil sport kokpit tertutup untuk kompetisi balap LeMans 24 jam dan mobil ini disebut M6GT, sayangnya Bruce McLaren meninggal pada 2 Juni 1970 dan visi M6GT sebagai mobil untuk melintasi jalan umum tidak pernah terwujud.

Kemiripan yang terlihat jelas antara M6GT dan E-Zero Concept adalah sensasi udara terbuka yang berasal dari kanopi kaca berukuran besar, memanjang dari depan ke belakang terisnpirasi pada kokpit tertutup yang bisa ditemukan pada M6GT.

Bentuk kaca yang memanjang dari depan hingga ke belakang menciptakan ventilasi udara, untuk menambah aliran udara yang besar. Sehingga aerodinamika mobil semakin bertambah dan semakin efektif untuk mendinginkan mesin.

Penggunaan kaca memanjang itu membuat kaca spion absen untuk konsep hypercar E-Zero ini, namun kaca spion mobil ini digantikan dengan 2 kamera yang diletakkan di sisi kiri dan kanan bodi mobil, untuk visualnya akan ditampilkan pada layar.

Di bagian depan, terdapat lampu LED horizontal berbentuk garis dengan desain seperti bentuk lampu yang sama pada model McLaren 720S.

Baca juga: Mau Balap? VW Beetle RSI Ini Jadi Opsi Menarik Loh

Bagian buritan, bentuk konsepnya berbagi ciri khas desain pada model produksi McLaren sendiri yang sudah ada, termasuk lampu belakang LED tipis dan diffuser belakang dengan bentuk mengalir. Bentuk konsep kap mesin terlihat sangat pendek sehingga kaca depan seolah-olah menjulang melampaui roda depan.

Daniel Platek membayangkan bahwa konsep hypercar listrik ini akan dilengkapi dengan empat motor listrik dan baterai berukuran besar yang dipasang dibawah lantai.

Rancangan konsep Daniel Platek memang terlihat menarik untuk masa depan mobil balap listrik, diharapkan kedepannya mobil balap listrik seperti konsep E-Zero memiliki desain yang tidak kalah menarik dari bentuk konsepnya. (Nora Dian Pratama)